Jumat, 29 Mei 2009

MENCETAK GENERASI MUSLIM GAGAH DAN BERBOBOT

by: Didi Salahuddin *)

Insya Allah kalau dikaruniai seorang anak laki-laki, nantinya tentu akan kuajari ia pintar berbahasa Arab seperti pak Abdul Munir ataupun pak Hidayat Nurwahid, ia juga pintar bahasa Inggris dan tehnologi kaya pak Habbibie dan Pak Muhammad Olan Wirdiansyah. Juga kusuruh ia masuk klub sepak bola biar jadi bintang seperti Zinedine Zidane".
"Kalau aku sih ingin anak perempuan... dia pasti cantik dan pintar kaya bundanya hee..hee... Ia akan kuajari memasak dengan resep masakan yang lezat bergizi dan kudandani mengenakkan jilbab anggun seperti mbak Neno Warisman"
Percakapan di atas sering dijumpai pada setiap pasangan suami istri pengantin baru sebagai obsesi mereka untuk membentuk putra-putrinya menjadi generasi yang diharapkan dengan cara dan expresi yang variatif.
Mungkin juga kita pernah melihat seorang anak yang setiap pulang sekolah selalu menangis lantaran diejek ataupun disakiti temannya.
Bagi tenaga edukasi seperti guru tentu pernah menjumpai karakter seorang anak pendiam, tak pernah berani maju di depan kelas dan enggan berinteraksi dengan teman-temannya, padahal jika dilihat dari nilai raportnya ternyata cukup bagus bahkan bisa dibilang anak yang pandai.
Sungguh sangat kontra dengan keberanian sahabat cilik di masa sang guru sejati, seorang panglima agung dan politikus ulung Rasulullah Muhammad Saw. Begitu banyak kisak anak-anak di bawah umur yang memaksa baginda Nabi agar diizinkan untuk berperang bersama para pejuang muslim melawan orang-orang kafir.

Sejarah mencatat nama seperti Usamah bin Zaid yang ikut berperang sejak kecil, karena keahliannya ia diangkat oleh Rasulullah Saw menjadi Panglima perang pada usia remaja. Begitu pula dengan dua orang anak bernama Rafi dan Samurah yang berlomba-lomba berebut diizinkan ikut peperangan. Juga seperti budak kecil Umair yang karena keberanian dan keinginan yang kuat maka dimerdekakan oleh majikannya, bahkan diberi hadiah sebilah pedang yang menjadi senjata kesayangannya. Masih ada pula si Kecil Salamah yang sangat ahli memanah dan terkenal dapat berlari sangat cepat dan gagah berani.
Bagaimana dengan anak SMP, SMA seusia mereka sekarang ? Bisakah seperti mereka dengan ahlaq prima berani menantang mara bahaya bahkan sekalipun maut ? Tentu saja bukan tersugesti oleh keberanian karena terlebih dahulu dibumbui kemaksiatan menenggak miras dan narkoba sehingga nyali bertambah berani untuk trek-trekkan balapan motor di jalan raya yang sangat mennganggu pengguna jalan dan sebahagian berujung "mati konyol" karena kecelakan.
Yang lebih memprinhatinkan adalah survei Lembaga Komisi Perlindungan Anak (Komnas Anak)
yang menyatakan 97.4 % anak SLTP seluruh kota di Indonesia, pernah menonton film porno lebih dari satu kali, baik secara bersama maupun sendiri-sendiri. Bisa dibayangkan betapa sempitnya ruang untuk menjadikan mereka menjadi generasi yang gagah dan berbobot ditengah lingkungan yang "semakin gila", sangat berpotensi menjadikan mereka menjadi "generasi bingung". Nauzubillah minzalik...
Banyak hal yang menyebabkan anak menjadi penakut, namun yang paling menonjol adalah kurang "pede" alias kurang percaya diri.
Sadar atau tidak faktor ini disebabkan dengan metode orang tua dalam mencetak dan mendidik anak, karena sesungguhnya kullu mauluudin yuladun alal firah dan menjadikannya dia Yahudi dan Nasrani adalah orang tuanya.
Mencetak berarti dimulai dari mengawal proses kehamilan sampai lahir ke dunia dengan serius memperhatikan nutrisi ibu hamil dengan nutrisi yang halalan toyyiban. Memperdengarkan lantunan ayat suci Al-qur'an lebih dianjurkan daripada memperdengarkan musik "seruling setan" yang secara tidak sadar sering dilakukan.i Makanan yang tidak halal entah datang dari hasil korupsi, status pekerjaan dari hasil suap menyuap, mencuri ataupun sejenisnya merupakan sumber pembawa bencana baik bagi sang anak sendiri, maupun lingkungannya, terlebih lagi bagi orangtuanya sehingga harapan orang tua untuk menjadikannya anak yang saleh yang menjadi tujuan utama mereka dilahirkan, akan menjadi harapan hampa "mimpi di siang bolong". Akan sangat bagus membiasakan sang anak diberi makanan tambahan sesuai tuntunan Rasulullah Saw seperti Madu daripada diberikan susu yang dibeli dari hasil "tilang sepeda motor yang masuk kantung sendiri".
Salah satu cara penyebab yang menjadikan anak tidak percaya diri adalah kebiasan sering menakuti anak dengan cara yang tidak mendidik seperti ditakuti dengan hantu, polisi, tikus dan semacamnya tanpa berusaha untuk memperingati dan menjawabnya kuriositas (rasa ingin tahu;pen) mereka dengan cara santun dan masuk akal.
Artikel singkat ini tentu saja tidak membahas semua metode secara komprehensif, insya Allah akan dibahas dalam posting mendatang, tetapi yang perlu digarisbawahi dan dipertajam adalah menafsirkan hadist nabi riwayat Ath-Thahawi "ajarkan anak-anakmu renang, memanah dan menunggang kuda" Selamat mencoba...

*) pemerhati sosia, sekarang tinggal di Sape Bima NTB
(Dikutip dari beberapa sumber)
Read more... MENCETAK GENERASI MUSLIM GAGAH DAN BERBOBOT

Rabu, 20 Mei 2009

Sepucuk Rinduku Padamu, Nak

Sepucuk rinduku padamu, Nak, adalah
moncong meriam yang mengarah pada diriku sendiri
Tapi, bagaimanapun kuledakkan juga
sebab pedihnya pasti merobek sombongku Mestinya aku tak di sini, menata huruf demi huruf menyusun kalimat-kalimat sunyi yang dingin dan kokoh
Bukankah celoteh, rengek, amarah dan manjamu
lebih megah dan berharga dari apapun
hingga sanggup merontokkan
pilar-pilar keangkuhan dalam diriku?
Betapa naifnya aku memilih benteng sepi ini
duduk di singgasana egoku seraya berkata,
“Lihat, Ayahmu yang mabuk dunia sedang membangun
istana buat raja yang dicintainya!”
Sementara di rumah kau menungguku
berkaca-kaca di balik kaca jendela,
Ayah kemana Bunda?”Sepucuk rinduku padamu, Nak, adalah
angin yang menampari mukaku sendiri
Tapi, Bagaimanapun kutentang jua
Sebab perihnya pasti menelanjangi jiwaku Mestinya aku di rumah bersamamu
Bermain kuda-kudaan, bola, atau melukis di satu buku
Seperti yang acap kita lakukan di sisa waktuku untukmu
Itupun mesti kita lakukan seusai perdebatan panjang kita
dii atas ranjang peristirahataanku yang biasa
kau akhiri dengan tangisan kesal atau sesalmu. Lalu
"Ayah jadi hutan, bunda jadi danau, aku jadi gunung, ya?”
katamu sambil menggerak-gerakkan tangan mungilmu
membentuk hutan, danau dan gunung
Bunda jadi air kendi, dan aku jadi tempat untukmengungsi, ya?”
“ya, Nak!” aku tersenyum sembari menghapus air mataku Sementara sepucuk rinduku padamu, Nak,
adalah bunga, adalah pelangi, adalah matahari
yang makin rindang tumbuh dalam imajinasiku
Jangan tinggalkan aku, ya, Anakku!...

terispirasi dari kutipan Puisi Suharyono/Nyata edisi iv mei 2008
Read more... Sepucuk Rinduku Padamu, Nak

Senin, 18 Mei 2009

baikan Yuuk...

pi... tolongin pi... Bimo datang tergopoh-gopoh menghampiriqu saat mo ngisi kuliah di kampus STISIP Mbojo Bima. Emang Ada apa Bim klihatan penting banget... Iya ni pi, masalahnya serius banget.
Bos Olan khan masih marahan sama saya dah hampir 2 bulanan gak teguran, so... saya pengen banget baikan, pa lagi dalam waktu dekat saya mo maried. khan gak lucu, ntar beliau gak datang di acara pernikahan saya n yg paling penting aq pengen aktif di ICT lagi sperti dulu, Sy rindu momen kekeluargaan dan keakraban disaat kita dulu sama2 di ICT. Loh.. loh... sante aja lagi bim, aq gak merasa kekeluargaan dan keakraban kita terputus... "Kok jadi cengeng gitu... khan tinggal samparin pak olan & say sorry aja khan... Beres deh... " Waah... ama papi si gak problem... tapi ama bos Olan gak segampang itu, karna saya juga mrasa mlakukan kesalahan yang lumayan bikin beliau tersinggung dan mungkin juga klo P.olan mo sdikit introspeksi ksalahpahaman, itu gak kan terjadi, tambah si Bimo smakin melankolis kaya lagu jaman dulu Pance f. Pondah... Ok bim... just take it easy man... tambahku sdikit memberi semangat. Aq gak mo tahu kronologisnya knapa beliau tersinggung, yang penting ente dah punya itikat baik tuk mo minta maaf. Iya pi... tapi gmana caranya... Belum sampe menjawab pertanyaanya, Bimo langsung nyeletuk dengan expresi agak happy, " kita bikin acara pi... trus papi kondisikan ada moment biar saya bisa langsung minta maaf, klo bisa secepat munkin pi..." Nah ide bagus tuh... gimana klo kita bicarakan nanti, skrang jadwal ngisi kuliah, gak enak udah dari tadi dtungguin mahasiswa Ok... Tapi papi janji ya... mo bantu saya, Inya Allah Bim... The sooner the better...
Keesokan harinya ditemani temanku Monera, Aq langsung bicarakan dengan Pak Olan dengan cara yang sedikit "sok bijaksana" hee.. hee... Alhamdulillah responnya cukup baik walau terkadang dari romannya masih sdikit mnyimpan rasa kesal disertai sedikit celotehan ciri khasnya klo dia lagi ngambek. "Bimo khan emang kurang ngajar & udah gila kali ya pi... saking kasian sama dia, kurang apa saya, saya sdh bantu dan dipercaya ngurus lab ICT, eh malah ngelunjak..."
Singkat cerita, dengan sdikit belagak jadi orang tua (tapi blon tua2 amat loh...) bisa ditemukan benang merahnya dan berakhir dengan suasana keakraban dalam acara yang dikemas sesuai dengan karakter orang yang bersengketa ( idih... sengketa... hee.. hee... perdata taw pidana nich... atau sengketa Pemilu kali... hee.. heee...). "Makannya nambah lagi Bim... kamukan dalam masa pertumbuhan... so, perlu perbaikan gizi, biar gak tergolong dalam golongan orang-orang yang sesat, eh salah... golongan Gizi Buruk... haa.. haaa..." Celetuk Pak OLan mencandai Bimo. "Untung ada acara kayak ginian shingga bisa baikan, klo tidak bisa .. bisa kayak situ gintung tuch... hee... heeee... Celetuk Monera menghangatkan suasana. Usai acara itu smuanya cair and berakhir dengan Happy ending... Betapa senang menjadi mediator shingga tali silaturrahmi antara mereka bisa terjalin kembali. Baikan Yuuk...
Read more... baikan Yuuk...

Sabtu, 16 Mei 2009

Biker

Abiz skian lama kira2 2mingguan gak ngebike, aq ngbike lagi palagi dapat oleh2 topi BIKE TO WORK & lonceng speda yg kren bgt, dapet dari P.Olan yg brusan dari Jakarta. Makasih Coy... Ente mm baik bgt...
Sperti biasa, smangatqu luar biasa... genjot truss... sngaja sore itu aq gak dtemani tmanqu P. Olan karna dia kcapean stelah perjalanan dari Jakarta. Uh... kringat bercucuran prasaan koq cape bgt, padahal rutenx tergolong gak jauh cma kliling sape, pasar trus kpelabuhan. Mgkin gra2 isrht 2 mingguan kali ya... Malamnya pegal2 but giliran tidur, eunak n pulas.
Read more... Biker

Kamis, 14 Mei 2009

a side of my live

I'v been from jakarta in a trip to Bima, a poor little village in Sumbawa island where i's borned. There's something wrong with my ow n mood. I'm so sad, i'v nothing to do, i'm jobbless... cause of the very completecated condition in my life time, my father's death. He's my best idol in the world after the same case attacked my lovely moom first when i's ten years old. Oh god... what's a pity i'm... i spend my long day with "sad n dark world"... day by day, i reliaze it's useless and beginning to think better thing.
Is there something thing to do now?... yuph, the 1th I try to open computer and English course, cause there 's no other course such i belong to. Of course it's so difficult to do that. There many handicapes whether come from internal and external factor side. But it's does'nt matter. i 've to go ahead as can as possible.
1th month there's no anything changes in my own bussines, but in English Conversation i found something different. ASDP Firm in Sape sent 2 important employes for taking private course in my English Conversation Course. I spent my day to teach them olthaught there's no such good animo in Computer Course. During 3 monts in teaching asdp employes, Mr. Muhidin The Captain of Ferry namely Inelika offered me to teach English conversation for his 45 crews in the ship ballroom every thursday & Saturday where the ships parked at the port on that days. Ofcourse I answerd Yes.
Beside having satisfield salary I also 've upportunity to promote my Computer course that there's no good signal of progressing so far. I prepared my self & something neccessary because next saturday I'll be in good instructure action.
Today is shining saturday in Ramadhan Fasting month. After praying Ashar (about 4.20) I's on my way by my old scooter to the harbour. When I arrived, in front of the ferry's gate, the Captain'd standed up with the welcome position and shaking my hand politely. I'm in the ballroom cabin now infront of 45 inelika crews become an english instructure. During almost 2 ours in teaching, How lucky I's, I got hospitality and good responds from the capten n his crews. After teaching, the friendly captain offered me to 've Ramadhan Dinner and praying Magrib together. I's very beauty and peacefull time of mine that 'll be still remainded in my life time.
Read more... a side of my live

Selasa, 05 Mei 2009

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik, Sejarah dan Teori Ilmu Politik

Materi Perkuliahan Pengantar Ilmu Politik

Oleh Uwes Fatoni, M.Ag


Mengkaji tentang sejarah ilmu politik bisa dilihat dari dua pandangan yaitu pembahasan secara luas atau secara sempit. Secara luas berarti ilmu politik telah ada sejak zaman dahulu berupa pembahasan dalam buku-buku tertentu yang telah dikarang masa lampau, sedangkan secara sempit berarti ilmu politik dilihat dari aspek sistematisasinya sebagai ilmu dan pengakuannya dari aspek akademis.

Sejarah secara luas

Ilmu politik telah ada sejak zaman dahulu, ini bisa dilihat dari karya-karya berikut;

a. Yunani tahun 450 SM terdapat buku karya Herodatus, Plato dan Aristoteles.

b. India tahun 500 SM terdapat kitab Dharmasastra dan arthasastra.

c. Cina tahun 500 SM terdapat tokoh Confucius dan Kung Fu Tzu

d. Arab abad 11 M terdapat karya al-Marwardi berjudul al-Ahkam as-Sulthaniyyah

e. Indonesia abad 13 M terdapat kitab Negarakertagama dan Babad Tanah Jawi.

Sejarah secara sempit

- Abad 18 dan 19 di Jerman, Austria dan Prancis telah muncul pembahasan tentang politik namun masih kental dipengaruhi hukum dan negara.

- Di Inggris Ilmu politik dipengaruhi oleh filsafat moral dan sejarah

- Di Paris Prancis tahun 1870 lahir Ecole libredes Scienies

- Di Inggris tahun 1895 muncul lembaga London School of Economic and Political Science

- Di AS tahun 1858 diangkat Francis Lieber sebagai guru besar Sejarah dan Ilmu politik di columbia College.

- Masih di AS tahun 1904 lahir American Political Science Assosiation (APSA)

- Unesco lembaga dibasah PBB tahun 1948 melahirkan buku Contemporary Political Science

Dalam Buku Contemporary Political Science ini terdapat 4 bidang ilmu politik, yaitu:

1. Teori Politik

2. Lembaga Politik (Undang-Undang, pemerintah)

3. Partai

4. Hubungan Internasional (politik internasional, organisasi, hukum)


TEORI ILMU POLITIK

Teori politik adalah generalisasi dari phenomena-phenomena politik. Teori politik ini terdiri dari :

- Tujuan politik

- Cara mencapai tujuan politik tersebut

- Kemungkinan dan kebutuhan untuk cara tersebut

- Kewajiban dalam mencapai kebutuhan tersebut

Ilmu politik secara teoritis terbagi kepada dua yaitu :

1. Valuational artinya ilmu politik berdasarkan moral dan norma politik. Teori valuational ini terdiri dari filsafat politik, ideologi dan politik sistematis.

2. Non valuational artinya ilmu politik hanya sekedar mendeskripsikan dan mengkomparasikan satu peristiwa dengan peristiwa lain tanpa mengaitkannya dengan moral atau norma.

Menurut Harold Laswell terdapat 8 nilai yang dikejar dalam politik, yaitu ;

  1. Kekuasaan
  2. Pendidikan
  3. Kekayaan
  4. Kesehatan
  5. Keterampilan
  6. Kasih sayang
  7. Kejujuran/keadilan
  8. Keseganan

Adapun konsep-konsep dalam ilmu politik senantiasa berkutat dalam masalah:

a. Kekuasaan – sumber kekuasaan – pengaruh – pembuat dan pelaksanan kebijakan

b. Kewenangan – kekuasaan berdasarkan legitimasi

c. Konflik dan konsensus

d. Pengambilan keputusan dan cara mendistribusikan kekuasaan

Ilmu politik tidak berdiri sendiri namun memiiki kaitan dengan ilmu-ilmu lainnya seperti sejarah, filsafat, hukum (tiga ilmu penting yang mempengaruhi politik), sosiologi, antrophologi, ekonomi, geographi dan psikologi sosial.

Read more... Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik, Sejarah dan Teori Ilmu Politik

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik

Oleh Uwes Fatoni, M.Ag


Definisi

Pengantar Ilmu Politik

Ilmu Politik adalah ilmu yang mengkaji tentang politik

Terdapat 5 pandangan tentang politik :

1. Klasik

Politik dalam pandangan klasik dikemukakan oleh Arsitoteles, adalah usaha warga negara dalam mencapai kebaikan bersama atau kepentingan umum

Kebaikan bersama ini bisa berupa

- Nilai ideal yang bersifat abstrak seperti keadilan, kebajikan, kesejahteraan, dll

- Keinginan orang banyak atau keinginan golongan mayoritas

Pandangan politik klasik ini terlalu bersifat filosofis sehingga tidak membumi, tidak melihat realitas.

2. Kelembagaan

Pandangan politik kelembagaan menurut Weber berarti politik berkaitan dengan penyelenggaraan negara.

Negara adalah komuntas manusia yang sukses memonopoli penggunaan paksaan fisik yang sah dalam wilayah tertentu.

3. Kekuasaan

Pandangan ini dikemukakan oleh Robson, menurutnya politik adalah usaha untuk mencari dan mempertahankan kekuasaan dalam masyarakat.

Kekuasaan adalah kemampuan mempengaruhi orang lain untuk berperilaku sesuiai dengan kehendak yang mempengaruhi.

Kelemahan pandangan ini tidak membedakan aspek politik dengan aspek lain, seperti tokoh agama yang punya pengaruh tidak berarti dia sedang berpolitik.

Selain itu dalam politik terdapat konsep lain selain kekuasaan seperti kewenangan, legitimasi, konflik, dll.

4. Fungsionalisme

Politik dalam pandangan ini berarti merumuskan dan melaksanakan kebijakan umum.

David Easton “The Authoritative allocation of values for a society

Artinya alokasi nilai-nilai berdasarkan kewenangan mengikat suatu masyarakat.

Harold Lasswell “Who gets what, when, how

Siapa mendapatkan apa kapan dan bagaimana

Siapa bisa orang, lembaga, kelompok, atau bangsa

Apa berati nilai, bisa abstrak seperti keadilan dll, bisa juga konkrit seperti kedudukan, kekayaan dll.

When ukuran orang yang mendapatkan kekuasaan pada waktu tertentu

How cara untuk mendapatkan kekuasaan seperti persuasif atau koersif.

Kelemahan pandangan ini menganggap pemerintah sebagai wasit kepentingan masyarakat, padahal pemerintah sendiri memiliki kepentingan tersendiri.

5. Konflik

Dalam mendapatkan kekuasaan selalu terjadi perbedaan pendapat, perdebatan, persaingan bahkan pertentangan maka lahirlah konflik.

Pandangan ini terlalu menekankan aspek konflik padahal dalam politik ada juga konsensus, kerjasama maupun integrasi.

Jadi politik adalah interaksi antara pemerintah dan masyarakat dalam rangka pembuatan dan pelaksanaan keputusan yang mengikat tentang kebaikan bersama masyarakat yagn tinggal dalam suatu wilayah tertentu.

Ilmu politik muncul sejak zaman Yunani dengan adanya polis (negara kota)

Menjadi ilmu yang mapan sejak abad ke-18

Di indonesia juga ada buku tentang ilmu politik seperti kitab negara kertagama dan babad tanah jawi.


Pendekatan dalam ilmu politik

  1. Pendekatan tingkah laku berhubungan dengan fakta, empiris dll.
  2. pendekatan tradisional berhubungan dengan nilai, filsafat.

Ilmu politik berkaitan dengan

a. Negara

b. Kekuatan

c. Pengambilan keputusan (membuat pilihan diantara alternatif)

d. Kebijakan (keputusan yang memiliki tujuan dan cara mencapainya)

e. Pembagian atau alokasi sumber

Read more... Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik

Silabus Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik

Mata Kuliah : Pengantar Ilmu Politik

Bobot : 2 (dua) SKS


Deskripsi :

Politik memainkan peranan dan pengaruh yang sangat besar dalam hidup dan kehidupan manusia. Tidak berlebihan bila ada pendapat yang menyatakan bahwa hampir sebagian besar kehidupan manusia ditentukan dan diatur oleh politik. Hal ini merupakan konsekuensi logis dari eksistensi manusia sebagai zoon politicon. Sebagai suatu ilmu, politik tentu saja memiliki konsep, teori maupun metodologi tersendiri sebagaimana lazimnya ilmu-ilmu yang lain. Berdasarkan hal tersebut, mata kuliah ini disajikan sebagai dasar untuk pengenalan lebih jauh tentang apa dan bagaimana politik yang sebenarnya. Secara spesifik, dalam pengenalan terhadap mata kuliah ini akan dikaji mengenai teori, konsep maupun analisis yang bersifat kritis terhadap 5 (lima) unsur pokok politik, yaitu: negara, kekuasaan, kebijakan, authority of delegation, dan nilai-nilai politik.

Tujuan :

  1. Memberikan wawasan, pengetahuan dan pemahaman kepada mahasiswa tentang politik baik sebagai suatu ilmu, sistem maupun proses kegiatan.
  2. 2. Memberikan pemahaman yang komprehensif kepada mahasiswa agar dapat berpikir kritis, partisipasif dan responsif terhadap berbagai persoalan perpolitikan yang terjadi di Indonesia.

Kompetensi :

  1. Mampu berpikir kritis terhadap persoalan-persoalan politik yang menyangkut aspek-aspek kemasyarakatan, kebangsaan dan kenegaraan.
  2. Memiliki kepekaan sosial terhadap situasi dan kondisi yang dialami masyarakat yang disebabkan oleh perubahan kebiajakan politik.
  3. Keterampilan dalam mengelola dan menyelesaikan konflik yang dilandasi dengan nilai-nilai demokratis dan etis.
  4. Mampu berpartisipasi secara aktif dan proaktif terhadap berbagai persoalan yang menyangkut publk yang disebabkan oleh kebijakan politik.
  5. Ikut serta dalam menciptakan dan mengembangkan kultur demokratis.

Indikator Kompetensi :

  1. Mahasiswa dapat menjelaskan arti dan makna politik dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
  2. Memahami pengaruh kekuasaan politik pada kelembagaan-kelembagaan politik yang ada.
  3. Dapat menjelaskan makna kewenangan dan legitimasi dalam proses politik di Indonesia.
  4. Mampu mengkritisi kebijakan-kebijakan publik yang diakibatkan oleh pengaruh dan proses politik.
  5. Mampu merumuskan proses penyelesaian konflik secara damai, etis dan demokratis.
  6. Mampu merumuskan nilai-nilai politik yang demokratis dan berkeadaban.
  7. Dapat menjelaskan prinsip-prinsip partisipasi yang lebih bertanggung jawab dalam proses politik.
  8. Mampu menganalisis peluang dan tantangan pembangunan di bidang politik

Pokok bahasan :

  1. Pengertian politik
  2. Sejarah perkembangan ilmu politik
  3. Konsep dan teori ilmu politik
  4. Kekuasaan dan pengaruh politik
  5. Kewenangan dan legitimasi struktur politik
  6. Kepemimpinan politik
  7. Keputusan politik dan kebijakan umum
  8. Konflik dan proses politik
  9. Perilaku dan partisipasi politik
  10. Pendidikan politik
  11. Nilai-nilai politik
  12. Analisa politik

Referensi :

  1. Miriam Budiardjo, Dasar-dasar Ilmu Politik, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta, 1996
  2. Ramlan Surbakti, Memahami Ilmu Politik, Gramedia, Jakarta, 1992
  3. Affan Gaffar, Politik Indonesia, Pustaka Pelajar, Yogyakarta, 2002
  4. Rusadi Kantaprawira, Sistem Politik Indonesia, Sinar Baru, Bandung, 1988
  5. Ipong S. Azhar, Benarkah DPR Kita Mandul, Biograf Publishing, Yogyakarta, 1997
  6. Robert A. Dahl, Analisa Politik Modern, Dewaruci Press, Jakarta, 1980
  7. Inu Kencana Syafe’I, Pengantar Ilmu Politik, Remaja Rosda Karya, bandung, 1998
Read more... Silabus Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik

Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik, Kekuasaan dan Pengaruh Politik

KEKUASAAN DAN PENGARUH POLITIK

Materi Perkuliahan Pengantar Ilmu Politik

Oleh Uwes Fatoni, M.Ag


Kekuasaan adalah gejala yang selalu ada dalam proses politik

Politik tanpa kekuasaan bagaikan agama tanpa moral karena begitu berkaitannya antara keduanya.

Konsep-konsep yang berkaitan dengan kekuasaan

- Influence atau pengaruh, yaitu bagimana seseorang mampu mempengaruhi agar orang lain berubah secara sukarela.

- Persuasi yaitu cara meyakinkan orang dengan memberikan argumentasi

- Manipulasi adalah kemampuan untuk mempengaruhi orang lain namun yang dipengaurhi tidak menyadari

- Coersion adalah ancaman atau paksaan agar orang lain sesuai dengan kehendak yang punya kekuasaan.

- Force yaitu tekanan fisik, seperti membatasi kebebasan. Ini biasanya dilengkapi dengan sejata, sehingga orang lain mengalami ketakutan.

Jadi kekuasaan itu apa?

Kekuasaan adalah kemampuan menggunakan sumber pengaruh untuk mempengaruhi proses pembuatan dan pelaksanaan keputusan politik sehingga menguntungkan dirinya, kelompoknya atau masyarakat secara umum.

Unsur kekuasaan terdiri dari ;

  • Tujuan
  • Cara
  • Hasil

Oleh karena agar kekuasaan tidak disalahartikan maka perlu difahami makna kekuasaan, yaitu :

1. Kekuasaan adalah hubungan antara manusia

2. Pemegang kekuasaan punya kemampuan mempengaruhi orang lain

3. Pemegang kekuasaaan bisa individu, kelompok, organisasi atau pemerintah

4. Sasaran kekuasaan dapat individu, kelompok, organisasi atau pemerintah

5. Pihak yang mempunyai sumber kekuasaan belum tentu punya kekuasaan, bergantung pada kemampuannya untuk menggunakan sumber kekuasaan itu.

6. Penggunaan sumber kekuasaan dapat dengan paksaan, konsensus atau kombinasi dari keduanaya.

7. Kekuasaan bisa memiliki tujuan yang baik atau juga buruk

8. Berkaitan pula dengan distribusi kekuasaan

9. Kekuasaan digunakan untuk masyarakat umum

10. Sumber pengaruh digunakan mempengaruhi proses politik

Jadi kekuasaan bukan hanya paksaan atau kekerasan atau manipulasi tetapi bisa juga konsensus dan kerelaan

Kekuasaan harus dilihat dari dimensi yang saling melengkapinya, yaitu :

a. Potensial – aktual artinya sumber kekuasaan bila belum digunakan maka masih bersifat potensial bila sudah digunakan berarti sudah aktual.

b. Positif – negatif maksudnya kekuasaan apakah untuk mencapai tujuan tertentu (positif) atau untuk mencegah pihak lain (negatif)

c. Konsensus – paksaan kekuasaan bisa berupa kesadaran dan persetujuan (konsensus) bisa juga dengan ketakutan (paksaan) seperti ketakuatan secara fisik, ekonomi dan psikologis.

d. Jabatan – pribadi, kekuasaan di masyarakat modern adalah kekuasaan karena jabatan sedangkan, bila kekuasaan pribadi itu karena kualitas pribadi seseorang.

e. Implisit – eksplisit kekuasaan bisa secara kasat mata dirasakan atau tidak dirasakan

f. Langsung – tidak langsung, maksudnya seberapa besar efektivitas kekuasaan.

Jadi kekuasaan biasanya berkaitan dengan ;

- Bagaimana dilaksanakan

- Bagaimana didistribusikan

- Mengapa ada yang punya kekuasaan lebih dari yang lain

Sumber kekuasaan terdiri dari ;

1. Sarana paksaan fisik seperti senjata, teknologi dll

2. kekayaan seperti uang, tanah, bankir, pengusaha dll

3. Normatif seperti pemimpin agama, kepala suku atau pemerintah yang diakui.

4. Popularitas pribadi, seperti bintang film, pemain sepakbola.

5. jabatan keahlian seperti pengetahuan, teknologi, keterampilan.

6. massa yang terorganisir seperti organisasi buruh, petani, guru dll.

7. informasi seperti pers yang punya kemampuan membentuk opini publik.

Sumber kekuasaan juga harus dilengkapi dengan

  • waktu dan keterampilan
  • minat dan perhatian

Empat hal ini menjadi penunjang seseorang yang punya sumber kekuasaan menjadi penguasa. Karena kekuasaan cenderung berkembang biak

Sumber kekuasaan dapat digunakan untuk dua hal :

a. Non politik seperti untuk usaha, berbelanja, memberi bantuan dll.

b. Mempegaruhi proses politik dengan syarat :

- Kuat motivasi untuk mencapai tujuan

- Mempunyai harapan untuk berhasil

- Punya persepsi mengenai biaya dan resiko

- Punya pengetahuan tentang cara mencapainya.

Hasil penggunaan sumber kekuasaan bisa dilihat dari :

1- Jumlah individu yang dikendalikan

2- Bidang kehidupan yang dikendalikan

3- Kedalaman pengaruh kekuasaan

Kekuasaan harus didistribusikan dengan cara ;

a- Model elit memerintah

b- Model pluralis

c- Model

Read more... Mata Kuliah Pengantar Ilmu Politik, Kekuasaan dan Pengaruh Politik

Sabtu, 02 Mei 2009

Obat mujarab penyakit Kangker dari buah Sirsak

Sebuah penelitian di Purdue University membuktikan bahwa buah sirsak mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker prostat, pankreas, dan paru-paru.

Beberapa waktu belakangan di beberapa milis kesehatan dan e-mail pribadi beredar informasi tentang manfaat dan khasiat dari buah sirsak. Isi dari informasi itu cukup membuat kehebohan dan kegembiraan untuk para penderita kanker.

Karena, berdasarkan data yang dilansir, khasiat dan manfaat dari buah yang di Spanyol dikenal dengan nama graviola, atau dengan nama Inggris, soursop ini banyak disembunyikan oleh perusahaan farmasi di AS.

Ya, berdasarkan data dan hasil penelitian, soursop atau sirsak diakui sebagai pembunuh alami sel kanker yang ajaib dengan 10.000 kali lebih kuat dari pada terapi kemo. Lantas, kenapa informasi ini sampai terabaikan dan tidak tersosialisasikan kepada publik?

Ini lebih disebabkan kepada kepentingan bisnis dunia farmasi agar dana riset yang dikeluarkan sangat besar, selama bertahun-tahun, dapat kembali lebih dulu plus keuntungan berlimpah dengan cara membuat pohon graviola sintetis sebagai bahan baku obat, lalu obatnya dijual ke pasar dunia.

Memprihatinkan memang mengingat banyak orang meninggal sia-sia dan mengenaskan, karena keganasan kanker, sedangkan perusahaan raksasa, pembuat obat dengan omzet miliaran dolar menutup rapat-rapat rahasia keajaiban pohon graviola ini.

Beberapa peneliti di Health Sciences Institute mengakui jika buah sirsak memberikan efek anti tumor/kanker yang sangat kuat, dan terbukti secara medis menyembuhkan segala jenis kanker.

Selain menyembuhkan kanker, buah sirsak juga berfungsi sebagai antibakteri, antijamur (fungi), efektif melawan berbagai jenis parasit/cacing, menurunkan tekanan darah tinggi, depresi, stres, dan menormalkan kembali sistem syaraf yang kurang baik.

Penelitian Health Sciences Institute diambil berdasarkan kebiasaan hidup suku Indian yang hidup di hutan Amazon. Beberapa bagian dari pohon ini seperti kulit kayu, akar, daun, daging buah dan bijinya, selama berabad-abad menjadi obat bagi suku Indian. Graviola atau sirsak diyakini mampu menyembuhkan sakit jantung, asma, masalah liver (hati) dan rematik.

Informasi manfaat dan khasiat sirsak tidak serta merta dapat beritahukan karena ada ketentuan undang-undang federal, di mana di dalamnya dinyatakan sumber bahan alami untuk obat dilarang atau tidak bisa dipatenkan sebelum ditemukan unsur sintetisnya.

Sejak 1976, graviola telah terbukti sebagai pembunuh sel kanker yang luar biasa pada uji coba yang dilakukan oleh 20 Laboratorium independen yang berbeda dan dilakukan di bawah pengawasan The National Cancer Institute.

Suatu studi yang dipublikasikan oleh the Journal of Natural Products menyatakan bahwa studi yang dilakukan oleh Catholic University di Korea Selatan, menyebutkan bahwa salah satu unsur kimia yang terkandung di dalam graviola, mampu memilih, membedakan dan membunuh sel kanker usus besar dengan 10.000 kali lebih kuat dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo!

Penemuan yang paling mencolok dari studi Catholic University ini adalah: graviola bisa menyeleksi memilih dan membunuh hanya sel jahat kanker, sedangkan sel yang sehat tidak tersentuh atau terganggu.

Graviola tidak seperti terapi kemo yang tidak bisa membedakan sel kanker dan sel sehat, maka sel-sel reproduksi (seperti lambung dan rambut) dibunuh habis oleh terapi kemo, sehingga timbul efek negatif rasa mual dan rambut rontok.

Studi di Purdue University membuktikan bahwa daun graviola mampu membunuh sel kanker secara efektif, terutama sel kanker: prostat, pankreas, dan paru-paru.

Hasil riset beberapa universitas itu membuktikan jika pohon ajaib dan buahnya ini bisa:

1. Menyerang sel kanker dengan aman dan efektif secara alami, tanpa rasa mual, berat badan turun, rambut rontok, seperti yang terjadi pada terapi kemo.

2. Melindungi sistim kekebalan tubuh dan mencegah dari infeksi yang mematikan.

3. Energi meningkat dan penampilan fisik membaik.

4. Secara efektif memilih target dan membunuh sel jahat dari 12 tipe kanker yang berbeda, di antaranya kanker usus besar, payudara, prostat, paru-paru, dan pankreas.

5. Daya kerjanya 10.000 kali lebih kuat dalam memperlambat pertumbuhan sel kanker dibandingkan dengan adriamycin dan terapi kemo yang biasa digunakan.

6. Tidak seperti terapi kemo, sari buah ini secara selektif hanya memburu dan membunuh sel-sel jahat dan tidak membahayakan atau membunuh sel-sel sehat.

Kisah lengkap tentang graviola, di mana memperolehnya, dan bagaimana cara memanfaatkannya, dapat dijumpai dalam Beyond Chemotherapy: New Cancer Killers, Safe as Mother’s milk, sebagai bonus terbitan Health Sciences Institute.
Read more... Obat mujarab penyakit Kangker dari buah Sirsak