Sabtu, 25 Juli 2009

Terrorist Harus disikapi oleh sosok Pemimpin Strategis

Indonesia kecolongan lagi... Terror dan serangan bom yang dilakukan oleh Manusia Bejad yang bernama terrorist, terakhir mengguncang JW Marriot n Ritz Carlton.
Pertanyaannya, Kenapa masih saja berulang? Kenapa Intelijen Indonesia sangat lemah? Kenapa para terrorist yg menafsirkan Jihad dengan otak dengkul masih saja berkeliaran, meneror siapa saja dalam waktu kapan saja? Kenapa, mengapa dan kenapa?...
Postingan ini antara lain mengutip pendapat Bang Hepi Andi Bastoni tentang pemimpin Strategis, yang sanggat diperlukan oleh Negara yang memiliki penduduk Muslim terbesar di Dunia ini dengan aneka tipikal masyarakat yg variatif, suku, ras, agama, bahasa, budaya dan keanekaragaman lainnya.

Seperti apa sosok Pemimpin Strategis itu ?

Ciri khasnya pemimpin ini adalah sukses menyemai perubahan di aneka jenis lahan. Pemimpin ini bisa melakukan transformasi perubahan dalam kurun tiga sampai lima tahun yang merupakan waktu yang relatif singkat bagi sebuah perubahan.,
Pemimpin model ini adalah berwawasan jangka panjang dan berpikir strategis jauh ke depan. Ia juga akan mampu menikmati hubungan dalam tiga tingkatan; antara indvidu, prganisasi dan sosial.


Pemimpin bertipe wartawan sering tak mampu menyesuaikan diri dengan anak buahnya. Pemimpin Individualis, acap kali mengabaikan peraturan.
Nah sekarang, ada pemimpin yang mampu mengatur anak buahnya tanpa mengabaikan peraturan. Tipe pemimpin seperti ini disebut Pemimpin Strategis.


Yang membedakan tipe ini dengan pemimpin berjenis individualis adalah kemampuannya untuk fokus pada kendala yang dihadapi organisasinya dengan menggunakan kaca mata resmi, legal dan konstitusional. Ia bisa menuntaskan masalah pelik, tanpa harus melanggar aturan.
Tipe ini akan mampu mengejewantahkan visinya dalam aksi logis secara produktif dan sah.

Solusi yang ia tawarkan dapat menjembatani antara visi individu dan kemauan organisasi dengan cara apik dan lembut, nyaris tanpa bentura.
Ia mampu memadukan antara idealisme dengan realita tanpa melanggar aturan yang merupakan hal yang paling sulit dilakukan oleh banyak pemimpin.

Pembelaan terhadap anak buahnya begitu tinggi. Bahkan, pada saat-saat yang genting ia bersedia mengorbankan dirinya untuk kepentingan anak buahnya. Ia akan bersedia melakukan semua itu demi perubahan, bukan atas nama kepentingan pribadi. Bukan juga sebagai umpan untuk mendapatkan bagian lebih besar di kemudian hari..

Terdapat banyak pemimpin yang pada awal perjalanannya, bersedia berkorban demi orang lain. Namun ternyata pengorbanannya cuma umpan untuk menangguk keuntungan dan kepentingan yang lebih besar.
Ada pula pemimpin yang berani mundur satu langkah untuk melompat tiga langkah jauh ke depan. Kalaupun ia berkorban, itu hanya untuk membuat landasan lompat. Ia tak perduli apakah landasan berpijaknya itu menindas hak orang lain atau tidak.

Pemimpin Strategis mampu menghadapi konflik secara lebih comfort. Ia bisa mengelola resistensi orang lain menjadi daya benah.
Pemimpin tipe ini mampu memenej gejolak menjadi kekuatan positif yang mendukung agenda bersama.
Ia bisa mengubah riak-riak penolakan menjadi gelombang dahsyat sebagai cikal perubahan. Dengan kata lain, ia mampu menjadi agen perubahan yang efektif sekaligus produktif.
Pada umumnya pemimpin strategis ini, sukses dalam keluarga, masyarakat dan organisasi. Mampukah para petinggi negeri ini untuk menempatkan dirinya di posisi Pemimpin Strategis yang dimaksud? Hanya Allah Azzawajalla yang Maha Mengetahui.

49 komentar:

  1. pertamaaaaaaxxxxxxxzzzzzzz

    BalasHapus
  2. keduax......
    hehehehe...

    ya pendapat org awam seperti aku ini : intelijen indonesia emg lemah...


    salam kenal...

    BalasHapus
  3. Mas intelijen jangan di salahin. berapa banyak informasi yang telah disampaikan.

    dan para pengebom bunuh diri(baca syahid) bagi mereka . punya dalil-dalil yang membolehkan. jadi nuansa berfikirnya harus berfikir mereka sehinga kita tau aspek apa saja mengapa mereka melakukan.

    dan moga kesenjangan sosial serta hapuskan tempat maksiat yang ada. kalau tidak maka .ini boom waktu buat mereka.percaya atau tidak liat aja. mas itu informasi, kan udah sering kejadiankan tempat maksiat di hancurkan. lah kalo gini terus bisa jadi teroris tersebut mau ngeboom tempat maksiat lagi.

    BalasHapus
  4. Jaman skrng mungkin susah nyari pemimpin yg kaya gitu makash ya atas knjunganya ke blog Mr.o2n.dan aku yg q pke buat ksh kment ada juga blognya Jumal029

    BalasHapus
  5. ideal-a pemimpin itu ya Nabi S.A.W atau para Khulafaur rasyidin, tp mana ada dzaman modrn, pemimpin yg sprti itu. kalo mengenai terorist, menurut saya dia salah terap, karna org2 yg dia benci bukan mæn fisik, tp mæn budaya yg mnjrumuzkan. sbenar apa sbb knp Bom kembali dledakkan di JW Mariod n Rizt Clìton, aq jg blum tau apa sbab-a. kalo issu mengatakan gak suka ama kdatangan pemain MU, kayak-a gak tepat juga. tapi kalo tak pikir2 knp juga yach, jadwal main liga persahabatan antara MU vs all stars indo haruz bertepatan pada 27 rajab. pada hal bg umat muslim tgl itu bukankan tgl yg sangat amat bersejarah. kalo emang pihak penyelanggara kompetisi itu org muslim, mk wajib juga diperhatikan. sejujurnya saya pribadi jg menunggu pertandingan bola itu, mezky h-a lewat TV menyaksikan-a.

    BalasHapus
  6. @kanboed: Salam cinta always, thanks
    @Ferdifolution: salam knal too. Thanks

    BalasHapus
  7. @kawanlama95: idenya sgt briliant. Yg aku pertajam, Intelijen kita ttap ada sisi lemahnya, akan lbih baik di support oleh regulasi intelijen yg tepat.Yg support itu semua hrus dipimpin by sosoK Pemimpin strategis.

    Salam knal n peace, Thanks

    BalasHapus
  8. @JUMA: Yuph...thanks balik, slam knal

    BalasHapus
  9. @Ammar : I'm with u 100%. Spakat bro... slam cinta n peace...

    BalasHapus
  10. kapan kita bisa punya sosok pemimpin yg kayak gitu yah...??

    salam kenal balik juga yah mas.. :)

    BalasHapus
  11. pengebomm harus membalas perbuatannya
    aku bersumpahhhhhh!!!!!!

    BalasHapus
  12. @yolizz: Kita hrs optimis bro, smoga sby menjawab pertanyaamu. thank n peace
    @Yanuar: I love ur spirit. Thanks n good luck..:)

    BalasHapus
  13. No komen...
    eh.... komen: pokonya :
    Teroris... No!
    Islam... Yes!

    BalasHapus
  14. @dedekusn: yuph, terorist no, Islam Yess... thanks bro...:)

    BalasHapus
  15. Teroris di Indonesia ituuuu..ga buanget... kalo benci ama Amerika, ya bom aja yg di sono... Berani ga?? Jangan Indonesia malah yg di bom... Kan banyak saudara kita sesama muslim, yg jadi korban...

    aku ada postingan baru,, ditunggu komennya... :)

    BalasHapus
  16. teroris go.......
    go to hell maksutna :D

    BalasHapus
  17. @talkinghammie:
    @sakainget:

    we hate terrorist, don't we? thanks bro n salam peace:)

    BalasHapus
  18. Salam Cinta Damai dan Kasih Sayang 'tuk sahabatku

    BalasHapus
  19. intel kita sebenarnya sudah bagus namun belum didukung oleh keputusan pimpinan bahkan mereka belum sepenuhnya mempercayai hasil temuan. maklum masih terpengaruh oleh kepangkatan dan jabatan sehingga bawahan menunggu perintah untuk bertindak.
    sayang nasi dah jadi bubur katanya.
    salam superhangat

    BalasHapus
  20. di Dunia "Gila" sperti skrg ini, kdg qt hrs berpikir "Gila" untuk memahami smua ini, ... tapi tidak harus dengan "Gila" untuk menyelesaikannya, ..

    Film pendek? boleh juga tuh Om, ... salam kenal

    BalasHapus
  21. teroris memang sadis
    harus dibabat habis

    Salam kenal juga :)

    BalasHapus
  22. @cenya95: spakat cen... thanks n good luck !
    @MaduNektar: Gila yg positif...heehee... aq tunggu film pendeknya, thanks n good luck !

    BalasHapus
  23. thanks dah mampir sob salam kenal juga bos... sekalian numpang lewat aja ya...

    BalasHapus
  24. woooooowwwww siiiippp artikelnya....

    BalasHapus
  25. Waaaah.. TOP dah.. manstaaaabsss..
    Salam Sayang

    BalasHapus
  26. hm.. kira2 siapa dia ya?
    mampir & salam kenal :)

    BalasHapus
  27. @enno:
    @uguns:

    thanks bro n good luck !

    BalasHapus
  28. @Buwail
    @Kangboed
    @quinie :

    thaks, salam cinta n peace...:)

    BalasHapus
  29. Setuju Boz...memang perlu pimpinan yang seperti itu :)
    Btw...link blog ku belum dipasang ya ? klu sudah dipasang tolong info ya ? :)

    BalasHapus
  30. Waaaakaakakak.. hidup gaelby.. OOT yaaaa

    apdeeeeeeeeeetttttt

    Salam Sayang

    BalasHapus
  31. @Yep: secepatnya aq psang linknya. Thanks YEP
    @Kangboed: ckkk...ckkk... slam Apdeet n peace saudaraku.

    BalasHapus
  32. Semoga pemimpin-2 kita bisa seperti itu bang...

    BalasHapus
  33. Sayangnya yang ada adalah pemimpin strategis untuk kepentingan golongan dan partainya saja, sedangkan nasib pahlawan yang telah berjasa mengharumkan nama bangsa saja akhirnya dibunuh tanpa ada pembelaan sedikitpun dari pemerintah hiks..

    BalasHapus
  34. Masih sulit nyari pemimpin speerti yang di atas hehehhe...

    BalasHapus
  35. @wawan:
    @bang arie:
    klo gak ada u generasi skrang, mudah2an ada pd generasi anak cucu kita. Amiin... thank n good luck !

    BalasHapus
  36. @seno: Sangat tragis n memprihatinkan. Smoga generasi anak cucu kita nanti, bsa ditemukan sosok pemimpin seperti itu. Amiin...
    Thanks n good luck !

    BalasHapus
  37. coba ditulisnya sebelum kampnye dan bom nya juga

    BalasHapus
  38. semoga nanti presiden terpilih mampu menjadim pemimpin strategis, stop war, stop pemboman, bersatu kita untuk menciptakan indonesia aman dan damai...

    BalasHapus
  39. @soewong: jauh hr sebelum kampanye dan bom, sudah ditulis oleh Hepi Andi Bastoni (wartawan senior). slam knal n good luck !

    BalasHapus
  40. Siapakah kira kira sosok pemimpin strategis itu??

    BalasHapus
  41. artikel yang bagus, namun berat...
    terus terang saya juga menunggu sosok pimpinan yang strategis itu...bosan juga jadi golput...hehehehe

    BalasHapus
  42. menurut gw nih yaa... itu emang orang yang gak bertanggung jawab yang pengen memecahbelahkan umat Muslim.

    tapi gak selalu gitu sih. ada alasan lain pastinya..

    thanks udah maen ke blog gw. maen lagi juga boleh :D
    salam ganteng dari diazhadsome

    BalasHapus
  43. @keluargaSurga: smoga generasi anak cucu kita bisa menjadi ataupun menemukannya. Amiiin. Thanks' n good luck!

    BalasHapus
  44. @vbi-djengot:golput juga sangat bijak bro. thanks n peace...:)
    @diazhandsome: spakat bro, pasti smakin ganteng:)
    salam ganteng, thanks n peace...

    BalasHapus
  45. Kunjungan balik bang..bang atawa mas atawa pak ya? Lihat profile heula ah..
    Salam apdeut..det..det..hihihihi

    BalasHapus
  46. Kenapa tanggalnya masih tiga agustus ya?
    Wekekekek..salam sayang dan hanget..

    BalasHapus
  47. @dasir: ckkekk...ckeekk...:)) ntar postingan barun 2 hri lgi. blon ade inspirasi neh... panggilanya bro ataw gaelby aja dech ataw suka2 mr. dasir aja

    salam sayang n peace..

    BalasHapus
  48. insyaaalah indonesia mampu, hanya perkara waktu aja,,suatu saat pasti ada!!!

    BalasHapus