Kamis, 14 April 2011

Umat Islam menjadi pecundang dan hina dina bila menjauh dari Islam.

Kehebatan Islam akan tertutupi oleh kondisi lemahnya umat Islam "Al-Islamu mahjubun bil Muslimin." seperti yang saya kutip dari pendapat ilmuwan Muslim mashhur Jamaluddin Al-Afghani saat menjelaskan Al-Qur'an surat Al-Anbiyaa-105.

"Dan sungguh telah Kami tulis dalam kitab Zabur sesudah Kami tulis dalam Lauth Mahfuzh, bahwasanya bumi ini dipusakai oleh hamba-hambaKu yang saleh." (Al-Anbiyaa-105)

Kenapa sekarang justru umat lain yang menjadi penguasa dunia? Kenapa bukan umat Islam? Jawabannya sangat sederhana, yaitu karena kita tidak tergolong orang yang saleh dan beriman. Terdapat gap yang jauh antara Islam sebagai Agama dengan kondisi umat Islam seperti saat sekarang. Ini dijelaskan Allah SWT dalam surat Ali Imran-139 :

"Janganlah kamu bersifat lemah dan janganlah pula kamu bersedih hati, padahal kamulah orang-orang
yang paling tinggi derajatnya, jika kamu orang-orang yang beriman."

Penjelasan Allah teramat logis. Selama sekitar 7 abad (abad ke 7-15 M) peradaban Islam pernah mengalami kejayaan dan menjadi pemimpin peradaban dunia. Namun perlahan-lahan kejayaan itu sirna dan diambil alih oleh peradaban barat.

Umat Islam akan unggul dan mulia selagi tetap memegang teguh ajaran Islam dan sebaliknya menjadi pecundang serta hina dina bila menjauh dari Islam, sebagaimana yang disabdakan Rasulullah Muhammad Saw dalam hadits populer :

"Umat Islam akan menjadi pecundang manakala kualitasnya seperti buih; jumlahnya banyak tapi tak punya kekuatan, jadilah mereka santapan para musuhnya."

Senada dengan itu Umar bin Khaththab  Ra, pernah berkata :
"Dahulu kita adalah bangsa yang terendah, lau Allah memuliakan kita dengan Islam. Manakala kita mencari kemuliaan selainnya, niscaya Allah akan merendahkan kita kembali."

Astagfirullah...
Seyogyanya kita dapat terus mengevaluasi diri, keluarga, komunitas, bangsa dan negara untuk tidak membuat kita menjadi hina dina dan direndahkan Allah SAW.
Semoga kita termasuk golongan para mukminin dan shalihiin yang dimuliakan, ditinggikan derajat oleh Allah SAW. Amiin Allahumma amiin...

Maha benar Allah atas segala firmanNya.

19 komentar:

  1. lama banget nggak posting Bang, kemana aja?. hehehe..

    iya, memang selayaknya sbagai umat muslim selalu mentaati Allah dan RasulNya, dan memegang teguh ajaran agama.

    BalasHapus
  2. Assalamu'alaikum Kang,
    wah kangen tulisan sampean yang penuh makna nih.
    Setuju Kang karena jika kita menjauh dari ajaran Islam yang sesuai dengan yang diajarkan Baginda Rsululloh SAW maka kemuliaan itu akan juga surut dari kita. Maka semua harus kita mulai bangun dari diri sendiri dan keluarga, yang dengan itu akan terpancar keshalehan pribadi dan keshalehan sosial. Insya Alloh

    BalasHapus
  3. kalau dilihat dari kejadian2 memang makin merosot yah? akhlaknya makin hancur.

    BalasHapus
  4. amin3x... (ikut mengaminkan doanya)
    kita bisa mulai berbenah dari lingkungan terkecil, yaitu keluarga.

    BalasHapus
  5. agama untuk saat ini hanyalah pemanis di mulut saja.. sehingga sangatlah wajar khususnya di negeri ini .. saat ini sangatlah keropos...

    BalasHapus
  6. udh lma vakum y?

    sya follow

    follow balik y...

    #################################
    Mohon dukungannya atas event blog yang sedang saya ikuti..
    Mohon dibantu dengan mengklik "recomend facebook" dan mengcomment artikel saya
    Thanks ya semua :)

    >>> www.greand.co.cc <<<<
    #################################

    BalasHapus
  7. Allhamdulillah masih bisa berkunjung keisni

    BalasHapus
  8. terima kasih om atas postingannya,kita memang perlu bermuhasabah banyak ya om

    BalasHapus
  9. umat islam menjadi pecundang dan hina itu karena karena umat islam itu sendiri, tengok saja dinegeri arab , mereka saling memerangi sesami negeri muslim dan parahnya mereka berteman dengan negara non islam

    BalasHapus
  10. islam agama q..................... selalu beriman


    salam persahabatan selalu dr MENONE

    BalasHapus
  11. Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakaatuh...
    Semoga kebaikan NYA selalu membimbing kita tetap berada di jalan NYA
    Amin Ya RABB

    BalasHapus
  12. Astagfirullah...ini semakin menyadarkan kita akan ke Agungan agama Allah. Banyak pribadi yang saat ini makin menjauh dari Islam. Dengan menjauh maka persaudaran kita akan semakin renggang. Kesadaran akan persatuan sebagai umat Islam juga makin berkurang. Dan itulah yang menyebabkan Umat Islam makin terpuruk dan seara ditindas umat yang lain.

    BalasHapus
  13. Iya benar juga pendapatnya. Memang umat Islam yang sekarang sangat jauh kualitasnya dibandingkan dengan umat Islam yang terdahulu. Lalu, apa usulan yang bisa anda berikan agar kita kembali menguasai peradaban seperti jaman dulu?

    BalasHapus
  14. sangat setuju sekali, islam saat ini kebanyakan hanya sebagai status saja, miskin pengamalan,
    maaf terlambat komennya
    salam kenal & follow

    BalasHapus
  15. wah tertohok juga ni bang bacanya, seneng bacanya, jadi lebih keinget lagi..
    sekarang juga orang2 udah banyak banget yg sekuler dan hedonis, apalagi di kota gini, jadi musti kuat iman kalo ga mau terjerumus.
    bismillah :)

    BalasHapus
  16. semoga kita sbagai bagian dari umat islam memulai kebangkitan dari diri sendiri..

    BalasHapus
  17. mari memperbaiki dari diri sendiri

    BalasHapus
  18. spirit memperbaiki diri masing2 bagi masyarakat adalah pondasi bagi kemajuan bangsa

    BalasHapus