Rabu, 03 Juni 2009

PERLUKAH KABUPATEN BIMA TIMUR ?

by : Didi Salahuddin

Jawabanya adalah sangat perlu. Disamping optimalisasi administrasi pemerintahan terutama pelayanan publik karena kecamatan Woha yang sekarang menjadi ibukota Kabupaten Bima sangat tidak efisien dan Secara geografis bertentangan dengan prinsip Public service good governence, juga untuk melayani wilayah ujung timur kabupaten Bima harus melewati Kota Bima terlebih dahulu untuk menjangkau 6 (enam) Kecamatan yaitu Kecamatan Sape, Lambu, Wera, Ambalawi, Wawo dan Langgudu. Dapat dibayangkan sekedar mengurus KTP saja masyarakat yang berada di bagian ujung timur Kabupaten Bima harus melewati perjalanan berjam-jam melewati Kota Bima.
Belum lagi kalau kita lihat dari aspek Koordinat, Batas-batas wilayah, Topografis, Luas wilayah maupun Sumber Daya Alam dan Sumber Daya Manusia. Karena sumber dari APBD Rp. 19,17 Milyar tahun 2006 sekitar hampir 50% didonori oleh ke 6 kecamatan tersebut.
Sebagaimana yang dikutip dari Wikipedia bahasa indonesia ensiklopedia bebas; Kabupaten Bima adalah sebuah kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat, Indonesia. Ibu kotanya ialah Woha. Kabupaten Bima terletak di bagian Timur Pulau Sumbawa Propinsi Nusa Tenggara Barat (NTB), dengan posisi 1180 44’ – 1190 22’ BT dan 080 08’ – 080 57’ LS. dengan batas-batas wilayah sebagai berikut:
* Sebelah Utara : Laut Flores
* Sebelah Selatan : Samudera Indonesia
* Sebelah Timur : Selat Sape
* Sebelah Barat : Kabupaten Dompu.
Luas Wilayahnya lebih kurang 438.940 Ha atau 22 % dari luas wilayah Propinsi Nusa Tenggara Barat. Terbagi atas 14 kecamatan yang terdiri dari 150 desa dan 419 dusun.
Pemaparan kondisi di atas, dapat dilakukan Hipotesa secara emphiris maupun metode lainnya, yang secara pasti menjawab pertanyaan judul artikel di atas dengan jawaban "Sangat perlu". Dengan demikian apa yang dilakukan oleh Komite Persiapan Pembentukan Kabupaten Bima Timur yang menjadi wadah perjuangan dan advokasi bagi ke enam kecamatan tersebut harus kita dukung bersama. " Selamat berjuang saudara-saudaraku...

4 komentar:

  1. di tunggu deh pembentukan kabupaten barunya

    BalasHapus
  2. @:zul thanks dah mampir, kita harap zul ikut aktif u/ sosialisasi kbt. Merdeka!...

    BalasHapus
  3. Insya Allah mada akan buat MASTER PLANNya, arahan pengembangannya---satuan wilayah pengembangannya--dan kondisi wilayah yang ada disekitarnya!!
    semangat bima timur

    BalasHapus
  4. Makasih adinda.
    Kita sangat berharap, lewat teman2 Daus di UGM terutama Dou Mbojo dg networknya bisa mensosialisasikan KBT sebagai kontribusi positif bagi tanah kelahiran tercinta. Salam Bma Timur !..

    BalasHapus