Senin, 29 Juni 2009

SILABUS MATA KULIAH PENGAJARAN KIMIA TERBARU


SILABUS
Mata Kuliah              :  Pengajaran Kimia Sekolah Lanjutan
Kode Mata Kuliah     :  PIA640
SKS                           :   3 SKS
Dosen                         :  Dr. Liliasari , M.Pd.
Prasyarat                    :   _
Waktu Perkuliahan    :  Hari 
                                      Pukul
                                      Ruang


TUJUAN MATA KULIAH:

Setelah menempuh mata kuliah ini mahasiswa diharapkan dapat :
  1. menganalisis kurikulum mata pelajaran kimia sekolah lanjutan yang berlaku.
  2. menganalisis konsep-konsep kimia sekolah lanjutan berdasarkan model analisis konsep Herron.
  3. menjelaskan  inti teori-teori belajar Ausubel, Piaget , Gagne dan keterkaitannya dengan pembelajaran kimia.
  4. merancang model-model pembejaran kimia sebagai aplikasi teori belajar Ausubel, Piaget, dan Gagne.
  5. menjelaskan karakteristik berbagai pola berpikir tingkat tinggi
  6. menjelaskan pentingnya pengembangan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah lanjutan
  7. merancang berbagai model pembelajaran kimia untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah lanjutan.

DESKRIPSI MATA KULIAH:

Mata kuliah ini ditujukan agar mahasiswa memantapkan pemahaman konsep-konsep dasar kimia, teori-teori belajar dan berpikir tingkat tinggi, serta menerapkannya dalam rancangan model-model pembelajaran yang sesuai untuk menyajikan pokok bahasan kimia di sekolah lanjutan.
Lingkup perkuliahan meliputi analisis isi GBPP kimia dan buku Kimia sekolah lanjutan, kecenderungan pendidikan kimia di sekolah lanjutan, aplikasi teori-teori belajar Ausubel, Piaget, Gagne dan pengembangan berpikir tingkat tinggi pada model-model pembelajaran kimia. Perkuliahan ini diberikan melalui diskusi, latihan menganalisis konsep-konsep kimia, dan kegiatan merancang berbagai model pembelajaran kimia berdasarkan teori-teori belajar untuk mengembangkan keterampilan berpikir tingkat tinggi siswa sekolah lanjutan
URAIAN POKOK BAHASAN SETIAP PERTEMUAN :

Pertemuan I

Membahas :
  1. Tujuan mata kuliah
  2. Ruang lingkup mata kuliah: analisis GBPP kimia sekolah lanjutan, analisis konsep-konsep kimia sekolah lanjutan, aplikasi teori-teori belajar Ausubel, Piaget, Gagne dan pengembangan berpikir tingkat tinggi melalui berbagai model pembelajaran kimia di sekolah lanjutan.
  3. Kebijakan pelaksanaan perkuliahan : perkuliahan dilakukan secara diskusi, latihan, serta presentasi model-model pembelajaran kimia sekolah lanjutan yang dirancang mahasiswa. Kehadiran minimal 80 %.
  4. Kebijakan penilaian hasil belajar: nilai akhir dihitung dengan bobot 20 % rata-rata nilai tugas, 40% nilai UTS dan 40 % nilai UAS.
  5. Tugas yang harus diselesaikan: melakukan analisis GBPP kimia SMA, analisis konsep-konsep kimia SMA kelas I,II dan III, merancang model-model pembelajaran kimia untuk SMA berdasarkan teori belajar Ausubel, Piaget, Gagne, serta pengembangan berpikir kritis dan kreatif.
  6. Buku ajar yang digunakan dan sumber belajar lainnya:
Depdiknas (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Firman,H. dan Liliasari. (1999). (edisi revisi). Kimia 1, untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1, Jakarta: Balai Pustaka.
Karyadi, B. (2000).(edisi revisi). Kimia 2, untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 2, Jakarta: Balai Pustaka.
Liliasari. (2001).(edisi revisi). Kimia 3, untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 3, Jakarta: Balai Pustaka.
Herron,J.D.et.al.(1977). Problems associated with concept analysis, Science Education, Vol.61,no.2 :185-199.
Nelson,G,D.(2001). Choosing content that’s worth knowing, Educational Leadership, Vol.59, No.2 ,p. 1-6.
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Penerbit Erlangga
Novak,J.D. and Gowin, D.B.(1984). Learning How To Learn, Cambrige: Cambrige University Press.
Levinson, R. (editor). (1994). Teaching Science, London : The Open University.
West, L.H.T. and Pines, A.L.(1985). Cognitive Structure and Conceptual Change, New York: Academic Press.
Klausmeier, H.J. (1980). Learning and Teaching Concepts, A Strategy For Testing Applications of Theory, New York: Academic Press.
Fensham,P.,et.al. (editor).(1994). The Content Of Science: A constructivist approach to its teaching and learning, London : The Falmer Press.
Marzano,R.J. et.al. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction, Virginia: ASCD.
Costa A.L. (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexandria : ASCD,
Lawson, A.E.(1995). Science Teaching and The Development of Thinking, California : Wadsworth Publishing Co.
Gagne, R.M. (1977). The Conditions of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston.
Torrance,E.P.(1980). A three stage model for teaching for creative thinking, 1980 AETS yearbook, The Psychology for Teaching For Thinking and Creativity
Ausubel,D.P.(1980). Education for rational thinking: a critique, 1980 AETS yearbook, The Psychology for Teaching For Thinking and Creativity, Ohio : The Ohio State University.
Joyce,B.,et.al.(1992).Models of Teaching, Boston: Allyn and Bacon


  1. Kebutuhan belajar para mahasiswa: mencari informasi pada jurnal internasional mengenai kecenderungan pembelajaran kimia mutakhir (2000-2005).

Tugas : Menganalisis tiap komponen Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Kimia SMA dan Kurikulum SMU 1994 Suplemen 1999 Mata Pelajaran Kimia, untuk menemukan persamaan dan perbedaannya.

Bacaan lebih lanjut:

Depdiknas (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia SMA dan MA, Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional.
Depdikbud (1993). Kurikulum SMU1994 Mata Pelajaran Kimia,Jakarta: Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan.

 

Pertemuan II

Membahas : Presentasi mahasiswa dan pembahasan hasil analisis isi GBPP Kurikulum 2004 Mata Pelajaran Kimia SMA dibandingkan dengan Kurikulum SMU 1994 Suplemen 1999 Mata Pelajaran Kimia, dari segi persamaan dan perbedaannya.
Tugas :
1).  memperbaiki tugas yang telah dibahas
2)   membaca artikel tentang analisis konsep yang diberikan pada akhir kuliah
3)   melakukan analisis konsep dalam pokok-pokok bahasan kimia di SMA kelas 1,2 atau 3; sesuai dengan pembagian tugas yang telah disepakati di kelas
Bacaan lebih lanjut:
Firman,H. dan Liliasari. (1999). (edisi revisi). Kimia 1, untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 1, Jakarta: Balai Pustaka.
Karyadi, B. (2000).(edisi revisi). Kimia 2, untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 2, Jakarta: Balai Pustaka.
Liliasari. (2001).(edisi revisi). Kimia 3, untuk Sekolah Menengah Umum Kelas 3, Jakarta: Balai Pustaka.
Herron,J.D.et.al.(1977). Problems associated with concept analysis, Science Education, Vol.61,no.2 :185-199.

Pertemuan III

Membahas : Presentasi hasil analisis konsep kimia untuk SMA kelas 1 yang telah dilakukan mahasiswa.
Tugas : Perbaikan tugas analisis konsep kimia SMA kelas 1 sebagai hasil pembahasan pada presentasi di kelas
Bacaan lebih lanjut:
Nelson,G,D.(2001). Choosing content that’s worth knowing, Educational Leadership, Vol.59, No.2 , p.1-6.
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Penerbit Erlangga, halaman  51-77.

Pertemuan IV

Membahas : Presentasi hasil analisis konsep kimia untuk SMA kelas 2 yang telah dilakukan mahasiswa.
Tugas : Perbaikan tugas analisis konsep  kimia SMA kelas 2 berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas

Bacaan lebih lanjut:
Fensham,P.,et.al. (editor).(1994). The Content Of Science: A constructivist approach to its teaching and learning, London : The Falmer Press, halaman 1-8, 14-26.
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Penerbit Erlangga, halaman  78-96.
Joyce,B.,et.al.(1992).Models of Teaching, Boston: Allyn and Bacon, halaman 141-158.

Pertemuan V

Membahas : Presentasi hasil analisis konsep kimia untuk SMA kelas 3 yang telah dilakukan mahasiswa.
Tugas : 1)  Perbaikan tugas analisis konsep kimia SMA kelas 3 berdasarkan hasil   pembahasan pada presentasi di kelas
2)      Membaca teori belajar Ausubel dan menyimpulkan karakteristiknya
3)      Merancang model pembelajaran kimia untuk SMU berdasarkan teori belajar Ausubel
Bacaan lebih lanjut:
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Penerbit Erlangga, halaman 110- 133
Novak,J.D. and Gowin, D.B.(1984). Learning How To Learn, Cambrige: Cambrige University Press, halaman 15 –54.
Levinson, R. (editor). (1994). Teaching Science, London : The Open University, halaman  143-189.
Ausubel,D.P.(1980). Education for rational thinking: a critique, 1980 AETS yearbook, The Psychology for Teaching For Thinking and Creativity, Ohio : The Ohio State University

Pertemuan VI

Membahas : Presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia berdasarkan teori Ausubel untuk SMA yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas : 1)  Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia berdasarkan teori Ausubel berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
              2)  Membaca dan menemukan prinsip-prinsip teori belajar Piaget
              3)  Merancang model pembelajaran kimia untuk SMU berdasarkan teori belajar Piaget.
Bacaan lebih lanjut:
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Penerbit Erlangga, halaman  149-167.
West, L.H.T. and Pines, A.L.(1985). Cognitive Structure and Conceptual Change, New York: Academic Press, halaman.153-161.
Klausmeier, H.J. (1980). Learning and Teaching Concepts, A Strategy For Testing Applications of Theory, New York: Academic Press, halaman 21-57

Pertemuan VII

Membahas : Presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia berdasarkan teori Piaget untuk SMA yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas : 1)  Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia berdasarkan teori Piaget berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
              2) Persiapan UTS
              3)  Membaca dan menemukan prinsip-prinsip teori belajar Gagne
 4)  Merancang model pembelajaran kimia untuk SMU berdasarkan teori belajar Gagne.

Bacaan lebih lanjut:
Dahar, R.W. (1989). Teori-teori Belajar, Jakarta : Penerbit Erlangga, halaman  36 –50, 134- 167.
Gagne, R.M. (1977). The Conditions of Learning, New York: Holt, Rinehart and Winston, halaman 283- 313.

Pertemuan VIII

Ujian Tengah Semester : berupa tes tertulis berbentuk essay

Pertemuan IX

Membahas : Presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia berdasarkan teori Gagne untuk SMA yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas : 1)  Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia berdasarkan teori Gagne berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
              2)  Membaca dan menemukan prinsip-prinsip pengembangan berpikir tingkat tinggi.
Bacaan lebih lanjut:
Marzano,R.J. et.al. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction, Virginia: ASCD, halaman 32-114
Costa A.L. (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexandria : ASCD, halaman 43-48, 309-312.

 

Pertemuan X

Membahas : Berbagai jenis berpikir tingkat tinggi dan perlunya dikembangkan pada siswa SMA melalui pembelajaran Kimia
Tugas :   Merancang model pembelajaran kimia untuk SMU untuk mengembangkan    keterampilan berpikir kritis siswa
Bacaan lebih lanjut:
Marzano,R.J. et.al. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction, Virginia: ASCD, halaman 17-31,
Costa A.L. (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexandria : ASCD, halaman 54-57, 303-304.

Pertemuan XI

Membahas : Model pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa. Pada pertemuan ini dilakukan presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia SMA untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas :      Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA, berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
Bacaan lebih lanjut:
Marzano,R.J. et.al. (1988). Dimensions of Thinking: A Framework for Curriculum and Instruction, Virginia: ASCD, 115-139
Costa A.L. (1985). Developing Minds: A Resource Book for Teaching Thinking, Alexandria : ASCD, halaman 58-61
Torrance,E.P.(1980). A three stage model for teaching for creative thinking, 1980 AETS yearbook, The Psychology for Teaching For Thinking and Creativity, Ohio : The Ohio State University, halaman 226-248

Pertemuan XII

Membahas : Lanjutan model pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.(Lanjutan presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia SMA untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, yang telah dipersiapkan mahasiswa.).
Tugas : 1)  Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa SMA, berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
              2)  Merancang model pembelajaran kimia untuk SMA untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa

Bacaan lebih lanjut:
Lawson, A.E.(1995). Science Teaching and The Development of Thinking, California : Wadsworth Publishing Co.,halaman 209-224, 338-350.
Joyce,B.,et.al.(1992).Models of Teaching, Boston: Allyn and Bacon, halaman 213-237..


Pertemuan XIII

Membahas : Model pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.Pada pertemuan ini dilakukan presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia SMA untuk  mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa, yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas :      Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA, berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
Bacaan lebih lanjut: mencari hasil-hasil penelititan tentang pengembangan keterampilan berpikir kritis dalam pembelajaran kimia mutakhir (2000- 2004 ) dari internet.

Pertemuan XIV

Membahas : Model pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa.Pada pertemuan ini dilakukan lanjutan presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia SMA   untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa, yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas : 1)  Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif siswa SMA, berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
2)      Merancang model pembelajaran kimia untuk SMA untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa

Bacaan lebih lanjut : mencari hasil-hasil penelititan tentang pengembangan keterampilan berpikir kreatif dalam pembelajaran kimia mutakhir (2000- 2004 ) dari internet.

Pertemuan XV

Membahas : Model pembelajaran kimia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa. Pada pertemuan ini dilakukan presentasi hasil rancangan model pembelajaran kimia SMA untuk  mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa, yang telah dipersiapkan mahasiswa.
Tugas :  1) Perbaikan rancangan model pembelajaran kimia untuk mengembangkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif siswa SMA, berdasarkan hasil pembahasan pada presentasi di kelas
                2) Persiapan UAS
Bacaan lebih lanjut: -

Pertemuan XVI :
Ujian Akhir Semester : Tes tertulis berbentuk essay

Dosen dapat dihubungi melalui:
1. e-mail   : liliasari @ upi.edu
2. Surat dengan alamat : PPS UPI/ Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI
                                        Jl. Dr. Setiabudi 229 Bandung
3. Telepon : Rumah 022-6034707
                     Kantor 022-2002320 pes 114
                     HP 0811231538
4. Bertemu muka:
    Di Kantor dengan alamat PPS UPI / FPMIPA UPI
    Hari   : Senin s/d Kamis.
    Pukul : 08:00- 16:00 ( kecuali jam kuliah).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar