Minggu, 26 September 2010

Amal Efektif Jangan buang waktu percuma

Sebelumnya saya mohon maaf karena selama akhir Ramadhan dan Idul fitri belum sempat BW dan baru sempat posting lagi. 

Sodara sodariku ! Ramadhan dan Idul Fitri baru saja berlalu. Apa yang terlintas di benak kita saat berlalunya waktu? Waktu adalah kehidupan. Allah banyak menggunakan 'waktu' untuk bersumpah : Wadhua, wal laili, wal fajr, wal 'asr.


Para Ulama mengatakan, sesuatu yang dijadikan sebagai alat sumpah oleh Allah SWT berarti sangat penting dan bernilai. Selayaknya kita mengevaluasi waktu kita selama ini. Apakah telah diisi dengan amal shalih ataukah banyak yang terbuang sia-sia tanpa nilai di sisi Allah.
Kalau saja Allah takdirkan usia hidup kita rata-rata 60 tahun, berapa banyak waktu yang sudah kita gunakan untuk ibadah dan kebajikan pada sesama dan alam semesta?

Kurangnya pemahaman dan pendidikan keislaman menjadi salah satu penyebab waktu terbuang tak bermanfaat. Jika sudah aqil baligh itu dicapai pada usia 12 tahun, berarti selama itu pula waktu berlalu tanpa kebaikan.Belum lagi tidur kita sebagai kebutuhan, rata-rata menghabiskan waktu 6 jam sehari. Ini sama dengan seperempat hidup atau menghabiskan waktu 15 tahun hanya untuk tidur.

Seperti kita ketahui, budaya nonton TV sekarang ini sudah menjadi pola hidup, baik bagi anak maupun orang dewasa. Ada penelitian yang mengatakan bahwa di abad informasi ini, banyak orang yang menghabiskan 1/6 waktunya atau 4 jam sehari untuk menonton televisi. Berarti sekitar 10 tahun dari 60 tahun waktu digunakan untuk menonton.

Dari sini kita lihat, waktu yang tersisa untuk beribadah hanya 23 tahun, sangat sedikit dibanding umur yang Allah berikan. Belum lagi kemaksiatan atau dosa yang kita lakukan semasa hidup, semakin mengurangi waktu kita mendulang kebaikan.
Apakah kita mampu beribadah terus menerus tanpa melakukan dosa selama 23 tahun? Lalu bagaimana menyiasatinya agar sisa waktu yang pendek ini bisa efektif meraih banyak kebaikan?

Dalam sebuah hadits yang diriwayatkan Ahmad dan Thabrani, ada 4 perkara yang mengalir pahalanya setelah pelakunya meninggal dunia, yaitu :
- orang yang meninggal selagi giat-giatnya berjuang di jalan Allah.
- orang yang mengajarkan ilmunya yang senantiasa akan mengalir ilmu yang diajarkannya.
- orang yang memberikan sedekah, akan mengalir sedekah itu dimana saja sedekah itu dilakukan
- orang yang meninggalkan anak shalih dan anak tersebut selalu berdo'a untuk kebahagiaan orang tuanya.


Semoga kita tergolong orang yang dapat memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya dan banyak beribadah kepada Allah SWT, amiin Allahumma amiin...

41 komentar:

  1. Wah yang namanya waktu emang seperti pedang.. kayak umur juga, tahu-tahu udah tua.. dan yang namanya penyesalan selalu datang belakangan..

    semoga kita tak termasuk orang-orang yang merugi

    BalasHapus
  2. salam sahabat
    sangat setuju sekalai kita wajib mengatur waktu senaik mungkin agar tidak sia sia yang diterima good luck yach

    BalasHapus
  3. alhamdulillah, saya gak punya tivi... :)

    BalasHapus
  4. saya jarang lihat TV ... ga sempat :D
    saya lebih sering online daripada liat TV
    tapi kalo dipikir online juga ga boleh lama2
    cz jadi ga efektif ;)

    BalasHapus
  5. di sini perlu mengkonsep jadwal kegiatan dengan baik sehingga semuanya seimbang dan terpenuhi baik

    salam

    BalasHapus
  6. Aku termasuk yang jarang nonton TV... tapi aku masih lekat dengan internet... :(

    BalasHapus
  7. Aku sangat ingin pahalaku tetap mengalir meskipun aku sudah meninggal nanti... *berniat memperbaiki diri*

    BTW, meskipun sudah sering mampir kesini, tapi boleh gak aku usul kali ini..? Apakah bisa font-nya diperbesar sedikit, karena utk aku yg berkacamata minus banyak huruf2 di blog ini sangat imut... shg aku harus ekstra keras menggunakan mataku... :)

    BalasHapus
  8. mari manfaatkan waktu sebaiknya.... tul ga sobt.. :D
    ========
    btw.. jgn lupa ikutan Survey Blogger Indonesia yah.. :)

    BalasHapus
  9. yuppp...
    kita dilaranguntuk menyia-nyiakan waktu
    keep spirit bro

    BalasHapus
  10. begitu cepatnya waktu berlalu...kunjungan balik om..

    BalasHapus
  11. Amin..
    Alhamdulillah, termasuk jarang nonton TV

    BalasHapus
  12. ternyata waktu kita di dunia tidak begitu lama, mudah-mudahan bisa dimanfaatkan se-efektif mungkin, terima kasih sobat sudah berbagi pengetahuan soal meng-efektifkan waktu yang singkat ini untuk beribadah sebaik-baiknya.., :D

    mudah-mudahan kita tidak tergolong orang yang menyianyiakan waktu.., :D

    BalasHapus
  13. Waktu seperti roda yang berputar. Di saat kegiatan kita padat waktu dirasakan, cepat berlalu. Sedangkan di saat kegiatan kita minim ditambah dengan kita tidak menikmati aktivitas kita, waktu dirasakan lama berlalu. Kalau padatnya aktivitas yang kita lakukan untuk sesuatu yang bermanfaat sudah merupakan berbuat baik khan...

    BalasHapus
  14. halooo baang....tengkyuuu yaa..aku udah follow balik.heheheheheh.salaam kenal =)

    BalasHapus
  15. Demi masa
    Demi waktu dhuha
    Demi malam...

    Begitu banyak Allah mengingatkan dalam Al Qur'an, agar kita bisa menggunakan waktu sebaik-baiknya
    Tengkyu pencerahannya...

    BalasHapus
  16. MasyaAlloh, mungkin pakde ini termasuk orang yang menyianyiakan waktu.
    terimakasih atas pencerahannya, kedepannya pakde akan berusaha memanfaatkan waktu sebaik mungkin, mumpung masih diberi umur

    BalasHapus
  17. salam sobat
    benar,waktu tak kan bisa diputar ulang lagi,
    makanya jangan buang waktu percuma,nyesal nantinya.

    BalasHapus
  18. Benar sekali. Tanpa disadari, banyak dari kita telah menyia-nyiakan waktu. Kebanyakan dipergunakan untuk sesuatu yang sia2 ketimbang mengerjakan amal sholeh. Disinilah diperlukan keteguhan jiwa untuk kembali menginstropeksi apa yang selanjutnya harus kita lakukan untuk lebih meningkatkan amal ibadah kita.

    BalasHapus
  19. manfaatkan waktu dengan sebaik mungkin agar berkah

    BalasHapus
  20. semoga blogging kita semua termasuk ibadah yang barokah

    BalasHapus
  21. amin..semoga kita dapat membawa barokah bagi sesama kita, yang termasuk insan2 yg mampu memanfaatkan waktu sebaik2nya...:)

    BalasHapus
  22. aku malah di suruh nonton tv terus sama dosen haha, secara anak komunikasi *broadcasting* harus tau apa yang terjadi hari ini :D

    BalasHapus
  23. iya sobat, kuncinya bagaimana meng-efisiensikan dan efektifitas waktu....menghargainya.

    BalasHapus
  24. >Gaphe : Sepakat sob. Thanks :)
    >Dhana : Salam sahabat, good luck!
    >SecangkirKopi : Alhamdulillah, Kalaupun punya tv, akan lbih baik klo selektif memilah program, thanks
    >Jhon Tero : Sepakat bnget sob, thanks :)
    >Akang Gugu :
    >Catatan kecil : Yuph, itu kata kuncinya. Thanks sob:)

    BalasHapus
  25. >Akang Gugu : sETUJU bnget sob. Thanks :)
    >The Other : Amiin... Usulannya segera aq penuhi, thanks sob :)
    >Award : Betul, betul, betul :) Segera ke TKP :)
    >Attaya : Yuph, ttap smangat. THanks :)
    >Camajuyas : THank dah mampir :)

    BalasHapus
  26. berarti harus giat2 bersedekah nih. supaya menjadi amalan jariyah.
    trus kalo sudah punya anak nanti, harus selalu mendidiknya menjadi anak shaleh. amin

    BalasHapus
  27. >Ajeng : Alhamdulillah, thanks :)
    >Awaluddin : Amiin... Thank sob :)
    >Pl.Anak : Yuph, spakat bnget dek, kakasih:)
    >Dindasaurus : thanks bro :)
    >Muza : Salam sobat, thanks :)

    BalasHapus
  28. >Pakde: Yuph, smoga pakde tetap tercerahkan, amiin :)
    >Nura: Stuju bnget mbak. thanks :)
    >Coretan hidup: Betul betul betul :) Salam hangat, thanks
    >Tomo : Thanks gan. salam hangat :)
    >M.Avip : Amiin Allahumma amiin... :)

    BalasHapus
  29. >Wind: Amiin... Thanks mbak :)
    >4dreamns: Hehee... Yg penting proporsional. Thanks :)
    >Aryadevi : Setuju bnget bro, trims :)
    >Meutia : Yuph, Amiin... Salam hangat slalu :)

    BalasHapus
  30. Sebagian masyarakat kita banyak mengunakan waktu untuk hal2 yang melalaikan. mungkin kita juga masih seperti ini. Semoga dengan artikel ini kita mampu berintropeksi diri.

    salam sehat selalu

    BalasHapus
  31. Alhamdulillah.... sekarang aku tak perlu memaksa mataku utk membaca tulisan disini..
    Terima kasih banyak... ^_^

    BalasHapus
  32. waktu memang seperti itu, dia tak peduli kita mau menghargai atau tidak...tq pencerahannya :)

    BalasHapus
  33. makasih sharing nya, semoga saya bisa memanfaatkan waktu utk selalu melaksanakan perintahNYA... AMin :)

    BalasHapus
  34. >Rumah sehat : Amiin.. salam sehat selalu, thanks:)
    >Sang Cerpenis : betul, betul, betul :)
    >Reni : heehee... thanks balik mbak :)
    >Aulawi : Yuph, tq sob:)
    >Diah : Amiin Allahumma amiin... tq:)

    BalasHapus
  35. Gak sadar ya ternyata bnyk wkt kt yg terbuang sia2...Kemudian kalo dah tua baru lah kt ingat bahwa waktu tinggal sedikit

    BalasHapus
  36. yupz.. memang waktu bgtu brharga, dari itu sbaiknya kita manfaatkn utk hal berguna sblm waktu kita distop oleh Yang Maha Kuasa.
    trims sharing'y...

    BalasHapus
  37. >WongSikampuh : Yuph, gak perlu nunggu sampe tua. Salam hangat :)
    >Sang Cerpenis: Sepakat 100%, thanks :)
    >Aearc : Tq, dah mo mampir :)
    >RanaRasuna :Betul, betul, betul. Thanks :)

    BalasHapus
  38. yup mantap. efektif dan sangat bermanfaat.

    BalasHapus