Rabu, 02 Maret 2011

SEKALI KENA DIABETES TIDAK BISA SEMBUH



Diabetes tidak disebabkan karena faktor keturunan saja. Banyak faktor penyebab lainnya. Diabetus melitus atau kencing manis sekarang banyak di derita orang. Pada tahun 2005 mencapai 25,2 juta orang terkena diabetus. Penyaki ini menduduki peringkat 4 penyebab kematian manusia di dunia.

Bermula dari gaya hidup
Bertambahnya jumlah penderita diabetus melitus ini banyak diakibatkan oleh gaya hidup yang tidak sehat, seperti mengkonsumsi fast food, dan minimnya gerak tubuh. Gaya hidup seperti ini mudah menjadikan obesitas ( kegemukan ). Obesitas menjadikan seseorang lebih beresiko terkena diabetus.Gaya hidup seperti diatas sekarang juga banyak ditiru oleh anak-anak atau usia muda. Sehingga tidak mengherankan dulu penyakit ini hanya diderita oleh usia tua, sekarang banyak usia muda terkena juga. Gaya hidup berlama-lama menonton TV , tanpa olah raga yang cukup menjadi salah faktor penyebab pula. Memang faktor turunan punya peran besar memunculkan. Jadi seseorang yang mempunyai ayah dan ibu penderita diabetes, tentu mempunyai kecenderungan lebih besar untuk terkena dibanding mereka yang memiliki ayah atau ibu saja yang terkena diabetes. Namun demikian meskipun orang tua atau riwayat keluarga ada yang menderita diabetes apabila gaya hidupnya selalu makan makanan sehat dan banya gerak, tidak mustahil tetap bisa terbebas dari diabetes.

Kadar gula darah tak terkendali
Penyakit diabetes sering disebut pula sebagai penyakit yang terjadi karena adanya peningkatan kadar gula ( glukosa ) dalam darah hingga melewati batas normal. Kadar gula penderita diabetes yaitu 200mg/dl atau 126 mg/dl setelah puasa.
Glukosa diproduksi dari karbohidrat yang dikonsumsi manusia, kemudian dibawa darah ke seluruh tubuh dan diubah menjadi energi. Untuk masuk ke dalam sel glukosa membutuhkan bantuan insulin, hormon yang dihasilkan oleh kelenjar pankreas. Tanpa insulin maka glukosa tak bisa diubah menjadi energi dan terus berputar bersama darah, akhirnya dibuang melalui air  seni. Dengan kurang atau tidak tercukupinya energi maka seseorang penderita diabetes merasa lemas, sering buang air kecil, mudah lapar dan haus.

Jenis Diabetes :
1. Type 1, disebabkan kekurangan insulin. Hal ini terjadi karena pankreas tidak berfungsi dengan baik.
    Pankreas begini merupakan bawaan sejak lahir. Kebutuhan insulin harus dipasok dari luar tubuh
   dengan suntikan. 
2. Type 2, diabetes gestasional ( diabetes pada kehamilan dan bentuk lain  ).
    Insulin yang diproduksi dari tubuh tidak mencukupi, sehingga tidak selalu harus dipasok dari luar.

Perawatan diabetes
" Sekali kena penyakit diabetes ini tidak bisa disembuhkan " , yang bisa hanyalah menjaga atau mengendalikan. Mengatur konsumsi makanan yang sehat, olah raga yang memadai. Dengan demikian kadar gula akan tetap terkontrol. Pengunaan obat oral dan insulin , adalah diperuntukan penderita diabetes seumur hidup. Makanya lebih mencegah dari pada sakit dan harus berobat. Jaga tubuh jangan sampai kegemukan dan berolah raga yang cukup.
www.supermanjur.info

3 komentar:

  1. wah~
    nice info....
    harus menjaga kesehatan n mencegah penyakit

    BalasHapus
  2. haduuuh,,,
    penyakit keturunan yaa...
    nenek moyangku ada riwayat diabetes nih
    haduuuhhhh

    BalasHapus
  3. aku juga jarang olah raga
    tapi jarang juga nonton tipi loh
    cuman didepan letop aja yang suka berlama-lama...

    BalasHapus