Senin, 23 Agustus 2010

Obama seorang Nasrani Kenapa dituduh beragama Islam?

Di postingan kali ini saya tertarik mengutip pemberitaan heboh mengenai dukungan Presiden Obama terhadap pembangunan masjid di  kawasan Ground Zero, sebuah lokasi yang dulunya kompleks menara kembar World Trade Center, yang menurut mereka hancur akibat serangan teroris al-Qaida pada Tragedi 11 September 2010, dengan jumlah korban sekitar 3.000 jiwa.


Dukungan Presiden Barrak Hussein Obama ini mengagetkan semua kalangan terutama rakyat Amerika yang serta merta menuduhnya dan beranggapan bahwa Obama diragukan sebagai seorang Nasrani, tetapi malah dituduh  Obama telah masuk Islam.



Polemik ini hampir bersamaan dengan rencana pelaksanaan acara pembakaran al-Qur'an secara besar-besaran  dalam rangka memprotes aksi teroris saat menghancurkan WTC itu, semakin mempertajam keraguan terhadap keagamaan Obama.

Presiden AS sejak 20 Januari 2009 ini memiliki latar belakang yang "warna-warni." Bernama lengkap Barack Hussein Obama, ayahnya adalah seorang Muslim asal Kenya dan ibunya adalah Nasrani Amerika.
Sejak kecil, Obama dibesarkan oleh ibunya, Ann Dunham, dan orang tua dari ibunya. Pada umur 6 hingga 10 tahun, Obama tinggal di Indonesia bersama dengan ibu dan ayah tirinya, Lolo Soetoro. 
Mengutip pemberitaan dari vivanews.com Jum'at 20 Agustus 2010, Gedung Putih lewat juru bicaranya Bill Burton pada hari Kamis 19 Agustus 2010 menepis anggapan warga AS yang menduga keras Obama seorang muslim dengan mengatakan : "Presiden jelasnya adalah seorang Nasrani. Dia berdoa setiap hari."

Obama seorang Nasrani Kenapa dituduh beragama Islam?

Makin bertambahnya warga AS yang merasa bahwa Obama bukanlah seorang Nasrani diketahui dari hasil survei. Menurut survei dari Pew Research Center dan Pew Forum on Religion & Public Life, jumlah responden yang menilai Obama adalah muslim kini sebanyak 18 persen dari total partisipan. Jumlah itu meningkat tujuh persen dari hasil survei Maret 2009.

Pada survei yang sama, jumlah respoden yang yakin bahwa Obama adalah umat Kristen kini hanya 34 persen, padahal tahun lalu sebesar 48 persen. Menariknya lagi, sebanyak 43 persen responden saat ini mengaku tidak tahu agama apa yang dianut Obama.

Survei Majalah Time/ABT SRBI, yang berlangsung 16-17 Agustus lalu, mengungkapkan bahwa 47 persen responden menganggap Obama adalah Nasrani, sedangkan 24 persen percaya Obama masuk Islam, sedangkan 24 persen mengaku tidak tahu atau tidak memberi jawaban.

Menurut kalangan media massa di AS, pandangan respoden atas keyakinan Obama itu terkait dengan dukungannya atas pembangunan suatu masjid di kawasan Manhattan, New York. Saat mengadakan acara buka puasa di Gedung Putih, Jumat 13 Agustus 2010, Obama menyatakan bahwa Islam merupakan bagian dari Amerika dan umat Muslim berhak mendirikan tempat ibadah di manapun, termasuk di Manhattan.
Namun, kendati juga didukung oleh walikota New York, pembangunan masjid itu ditentang oleh sebagian publik dan kalangan politisi dari Partai Republik. Menurut mereka, pembangunan itu dibenarkan karena dekat dengan kawasan "Ground Zero. "Lokasi itu dulunya adalah kompleks menara kembar World Trade Center, yang hancur akibat serangan teroris al-Qaida pada Tragedi 11 September 2010, yang menewaskan sekitar 3.000 jiwa.

Menurut pengamat, mereka yang tidak senang dengan dukungan Obama atas pembangunan masjid itu lalu mencoba menciptakan opini di kalangan masyarakat untuk mempertanyakan identitas dan latar belakang Obama.
Andrew Cohut, direktur Pew Research Center berkomentar ;"Situasi ini mencerminkan makin intensifnya pandangan negatif atas Obama dari kalangan pengritik," kata Andrew Cohut, direktur Pew Research Center.  
Nah bagaimana menurut sodara sodari ?
Dikutip dari Vivanews.com dan gambar di sini

59 komentar:

  1. enggak jelas juga...mending ketimbang menebak2 kita tanyain ja ke pak obama ^^

    BalasHapus
  2. Keyakinan beragama seseorang adalah salah satu hal yang sangat pribadi. Hubungan antara seorang hamba dengan Tuhannya. Kita menghormati agama yang dianut oleh Tuan Obama. Tragedi 11 September 2001 adalah peristiwa yang amat menyedihkan. Islam melarang membunuh manusia yang tidak bersalah. Islam melarang memerangi dan membunuh non-muslim yang tidak memerangi Islam. Islam menghormati hak milik dan melarang mengganggunya.

    BalasHapus
  3. Saya ngakak liat fotonya?.. beneran itu Obama make surban atau sotosop?. Hemm.. yang namanya keimanan itu kan urusan hubungan antara manusia dan pencipta-Nya, jadi sebenernya mengapa juga harus saling tuduh menuduh.. Wallahu a'lam bishawab

    BalasHapus
  4. islam atau nasrani itu bukan urusan kita brother.. itu urusan Obama dan sang Kholiq... kita cukup tau aja... piss.

    BTW salam kenal ya... dari www.nonaventa.co.cc

    BalasHapus
  5. mengenai haL ini memang masih menjadi kesimpangsiuran, tetapi dikemabaLikan Lg kpd pribadi peLakunya agar priLakunya mencerminkan apa yg di imaninya. sehingga yg menilai tidak mensaLahartikan.

    BalasHapus
  6. blogwalking.... ^_^
    berita soal ada event pembakaran Al Qur'an itu udh lama aku baca di situs CNN, kaget bgt awalnya, sampe sekarang juga sih, knp ada yg segitu buruknya memandang Islam... huhuhu.
    Semoga mereka ga diizinin deh sama pemerintah buat merealisasikan event mereka ituh.

    salam kenal ya, teman...
    saya follow blognya. Blognya keren!

    Tapi kalau mau follow balik boleh donk, jgn sungkan-sungkan, hihihi...

    BalasHapus
  7. waduh,,,,,,,, kok jadinya begini,,, tar mau nanya lagsung aja deh ma obama,,, hihihi ^^

    BalasHapus
  8. wah..membingungkan juga polemik ini ya mas..mgkn obama punya jawaban sendiri mengapa iya mendukung pembangunan mesjid tersebut

    BalasHapus
  9. hmmmm,,,keyakinan beragama seseorang adalah hak pribadi...
    jadi,,,gak perlu buat kita untuk meributkannya...

    BalasHapus
  10. iya....akhir-akhir ini banyak media yang menyampaikan bahwa Obama masuk Islam, termasuk di Yahoo! Indonesia... bahkan sekarang orang2 amerika masih pad abingung semua agama presiden mereka apa...

    tapi kok, Obama gak ngadain jumpa pers aja gitu ya?

    BalasHapus
  11. assalamualaikum..
    memang cukup membingungkan ya,
    tapi terserah dia lah.
    salam

    BalasHapus
  12. bagaimanapun juga setiap jiwa seseorang ada "sisi pengakuan akan Allah swt" karena Dialah yang menciptakannya. Hanya lingkunganlah yang menyebabkan seseorang berbeda keyakinan. Obama, apalagi dari garis keturunannya dan juga pernah berada di lingkungan Islam, sudah pasati Sisi Islam dalam dirinya pada ada kecondongan ke arah sana. Apapun keyakinan yang dinut oleh Obama, hanya dia seorang dan Allah swt yang tahu. Hanya saja orang amerika suka membuat pooling dan suka membuat stempel tertentu pada seseorang berdasarkan yang nampak dari luar
    >Maaf Kang Gaelby baru bisa nongol sekarang karena banyak pekerjaan nyari nafkah yang harus ane utamakan

    BalasHapus
  13. Kenapa agama seseorang harus dipertanyakan selama apa yang dilakukannya tidak merugikan orang lain ya

    BalasHapus
  14. agama adalah urusan kyakinan seseorang, menurut aq itu hanya opini yg di ciptakanuntuk mnjatuhkan nya. dan kalo dia brgama islam.. ku mlah snang bgt.mas slam kenal dah aq follow balik nie. blog nya keren banget

    BalasHapus
  15. >Aishi : Yuph, mendingan langsung aja, hee..hee..:) tanyakan

    >Herdoni : Thanks bro buat opini tambahannya. I like it. Salam hangat :)

    >Gaphe : ckk..ckk... kyaknya diphotoshop. Gbrnya aq dpt dari om google. THanks sob :)

    >Nova : Salam knal balik. Yup, kita hnya bisa melakukan komparasi dan riset pd diri obama sbg salah satu tokoh dunia. Thanks :)

    >Om Rame : betul, betul, betul om :) Thanks, salam hangat.

    BalasHapus
  16. Ferdivo : AMiin, semoga rencana itu tdk terlaksana. Thanks, salam knal balik, aq segera ke TKP.

    Elvind : betul, betul, betul :)
    Dino : Sya rasa jga begitu sob. Salam hangat :)

    Riesta : betul bnget dek, Thanks :)

    Riska : Sebaiknya hrs segera menanggapi polemik ini. Atau jgn2?... :)

    Neng Rara : Wa'alaikumussalam wr. wb. THanks neng, dah mampir :)

    BalasHapus
  17. >Pakis : Thanks, opini tambahannya mencerahkan. Yuph, Ane memakluminya sobat, salam hangat :)

    >Winny : Yuph, you're right :) Salam hangat selalu :)

    >Dwi : betul, betul, betul :)

    >Dewi : Sepakat bnget dek. Thanks, Salam knal balik :)

    BalasHapus
  18. Yang jelas Obama berusaha bersikap bijak, apapun agama yg dia anut saat ini...semua isu dan polemik yg terjadi menurutku adalah bagian dari politik, so sebagai muslim tentu kita harus menghargai kebijkan beliau dan menentang tindakan yg anarkis (mengancam membakar Al Qur'an) pihak yg tidak setuju pembangunan masjid tsb :)

    BalasHapus
  19. wah,,,,,
    gak bisa gitu dunk


    mungkin dengan itu,
    ada kebijakan lain,hhee
    moga aja obama bisa sadar
    hahahah

    BalasHapus
  20. Iman itu ada antara aku dan Tuhan!
    tenkyu atas kunjunganyaaaaaa! salam kenal ya

    BalasHapus
  21. sikap baik obama terhadap sesama, balik follow ya

    BalasHapus
  22. memang demikianlah terbukti ketakutan mereka terhadap Islam

    BalasHapus
  23. Obama islam atau Nasrani ya..
    Tapi aku harap ia Islam.

    BalasHapus
  24. keliatan banget ya
    kalo masyarakat Amerika ketakutan sekali sama hal hal berbau islam

    BalasHapus
  25. Dija sih berharap, pembangunan masjid di situ jalan terus...

    BalasHapus
  26. politik itu kejam tidak membedakan siapa kawan siapa lawan,
    dalam hal obama ini hanyalah permainan politi di AS untuk menurunkan citra obama, tentu kita tahu dong tendensi dibelakang setelah ini, sebentarlagi kan ada pemilu di amerika

    BalasHapus
  27. hmm... Hmm......
    *nyimak tulisan ma komentarnya*

    BalasHapus
  28. iya kemarin itu terlalu euforia..karena dia pernah di Menteng ^_^....dijadikan kebanggaan....tapi ga jelas

    BalasHapus
  29. Aulawi : Semoga Obama tetap bijak menanggapi ini semua. Thanks bro :)

    Rezki : Hehee... amiin..:)

    DuniaAira : Betul, betul, betul. Thank salam kenal balik :)

    Cerita Tugu : Thanks, dah mampir n follow :)

    HsBlogger : Yuph, Fobia Islam. Hehee... salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  30. >Life TIps : Heehee... Thanks dah mampir, salam hangat :)

    >Elsa : Iya tuch, Terlalu reaktif dan fobia Islam. Semoga mereka tercerahkan. Thanks :)

    >B.Dija : Amiin... Cepat sembuh ya DIja :)

    >Pakde : Sepakat bnget pakde. Terkesan hedonis dan kejam. Thanks :)

    >Arief : Thanks dah mampir bro :)

    >Arya : Mmang msih gak jelas. sebagian dari kita mmang larut dlm euforia yg gak jelas. Thanks :)

    BalasHapus
  31. mau agamanya Islam atau kristen, yg penting dia baik kan?

    BalasHapus
  32. sebenernya no comment.. tu masalah negara sono, selama gak merugikan negara sendiri hehe...
    tp kalo bole ngusul lgsg aja obama konfrensi pers biar jelas.

    btw lutut keboo gak semulus yg digambarkan, wkwkwk tu pake trik kamera

    BalasHapus
  33. ya kalau obama benar benar islam ya sukurlah

    BalasHapus
  34. Ini nih salahsatu bukti, bahwa sanya amerika itu negara demokrasi boong-boongan. Wonk presidentnya agama islam saja diributkan! Katanya negara liberal!

    BalasHapus
  35. Iya wonk anamanya Barrack Hussain Obama< LAU Hussain kan nama orng islam>!!

    BalasHapus
  36. kenapa harus mempertanyakan tentang agama? Memangnya g ada yang lebih penting ditanyakan ke Obama y selain agamanya apa? ckckck

    saya follow ya ^_^

    BalasHapus
  37. bagus dunk kalo dibangun masjid disana siapa tau bisa tambah kerukunan sesama agama
    Obama itu islam atau nasrani mah itu sudah menjadi hak obama ^^
    rakyat Amerika harus bersyukur punya presiden yg baik seperti dia :D

    BalasHapus
  38. wah, fotonya ada ada saja degh...

    BalasHapus
  39. Terlepas dari apapun agamanya, yang penting dia ga merugikan siapa pun dan kalangan agama manapun. Tapi sebaiknya sih bagi Obama agar merefleksikan secara gamblang apa agama yang dianutnya, jadi orang-orang ga perlu bertanya-tanya lagi :)

    BalasHapus
  40. >Sang Cerpen: btul, btul, betul... THanks mbak :)
    >Keyboo: Tapi aq ttap percaya, lututnya ttap mulus koq, hehee... :))
    >MasKholik: AMiin... yg sya harapkan dia tetap bijak, apapun agamanya.
    >Remaja : Sepakat bnget bro... :) Thanks dah mampir :)

    BalasHapus
  41. >Faisal : Hee..hee... thanks buat komentnya :)

    >Resep : Ckk.. Thanks bro dah mo mampir n follow :)

    >Ria N : Betul, betul, betul Mbak. Thanks

    >Joel : ckk...ckk... salam hangat selalu :)

    >Nila : Yuph, biar jelas akan lbih bagus klo diadain konferensi pers. Thanks dek :)

    BalasHapus
  42. Lho.., kok membingungkan begitu sih..?
    Emangnya Obama sendiri gak pernah bicara secara resmi tentang hal itu ?

    BalasHapus
  43. Lho... Amerika kan negera demokrasi yang besar, kenapa kok masih milih - milih presidennya, emang harus nasrani, presidennya ? Kalo Indonesia kan masih belajar demokrasi, jadi masih pantas presidennya harus Islam :hammer:

    BalasHapus
  44. wah kalo aku sih mendingan pake "bagimu agamamu, bagiku agamaku"
    toh yang penting kan dia berbuat baik ya...
    ya sudah lah, no komen banyak2 ah kalo soal ini, heu..

    selamat hari jumat, gaelby
    semoga hari ini menyenangkan :D

    HAPPY WEEKEND!

    BalasHapus
  45. jaman sudah canggih, provokator jg ikutan canggih, jd hati" dengan informasi sekarang" apalagi yg bersangkutan dengan SARA, kita harus lebih selektif membaca informasi

    BalasHapus
  46. memang obama bapaknya muslim tapi ga tau juga apakah dia ngikut bapak ato ibunya, hanya Allah dan obama sendiri yang tau, kita cuma bisa tebak tebak buah manggis aja

    BalasHapus
  47. ternyata bapaknya Obama seorang muslim yah

    BalasHapus
  48. hmm, saya sih senang kalo dia islam.. jadinya dia menghentikan event pembakaran al-qur'an secara besar2an..
    tapi seram bgt yah event itu. semoga tidak pernah terjadi.. Allah Maha Mengetahui dan tidak pernah tidur..

    BalasHapus
  49. Sebenernya mo islam atau nasrani ndak masalah yang penting kebijakannya nggak merugikan negara atau masyarakat lainnya..

    BalasHapus
  50. Setelah Pangeran Charles yang mendukung agama islam di Inggris, sekarang Presiden Obama. Semoga ini tulus dari jiwa Obama bukan hanya untuk mencari simpati saja. Hanya yang aku tahu Obama sejak muda sangat peduli sama kaum minoritas.

    Jika Obama benar Muslim, ya Alhamdulillah bertambah saudara seiman kita.

    BalasHapus
  51. Siapa da apapun agamanya, Obama bagian dari perusak hubungan antar golongan...

    Selamat berbuka...

    BalasHapus
  52. hmmm,,, terlepas dari apapun agama obama,, yg jelas obama bukan pengamal pure dr agama ia anut,,, ia seorang politisi yg notabene tentu dalamstiap langkahnya bukan utk kepentingan agama yg ia anut, tapi utk kepentingan politik nya dan kelompoknya. Malahan, ada sbuah sumber mengatakan kalo Obama salah satu dr anggota kelompok bohemian groove (salah satu anak organisasi dr illuminate), hal ini dikarenakan adanya seorang wartawan menangkap keberadaan Obama di klub bohemian groove saat dia akan dicalonkan sbg presiden dahulu,,, begitupula dg Mc Cain,,, hal ini menyebabkan adanya sbuah polemik yg muncul dikalangan aktivis dan wartawan bahwa berhasilnya obama menjadi presiden bukan murni krn pemilihan rakyat USA aja,,tapi adanya campur tangan dr bohemian groove ini yg semenjak dahulu menjadi sutradara besar dalam 'mengendalikan' presiden2 USA terdahulu (kecuali Kennedy)

    BalasHapus
  53. >Catatan : Masih misteri Mbak. Salam hangat :)
    >Sashim : YUph, demokrasi dan liberalisme yg ironi. Thanks
    >Rohana : stujuuuu.... Thanks :)
    >OempaK : Thanks dah ngingatin. Dzadjakallah :)
    >Mixed : masih misterius hingga ada skrg terjadi polemik. thanks
    >Johntero : betul betul betul, heehee... :)

    >Meutia : Amiin... Cahaya ISlam tdk akan padam karena kezoliman mereka. hasbunallah wanikmal wakiil..

    >Kikrik : Yuph, spakat bnget bro :)
    >Muza : Thanks buat kommennya, salam hangat selalu :)
    >Buntu : Allahu akbar !...

    >K.Tngil : Subhanallah... Kupasannya sangat cerdas dan mencerahkan. Thanks buat kommentnya salam hangat selalu :)

    BalasHapus
  54. wah...jadi bingung ya,,,
    yH...pPUN gMny, KIT sama2 ciptaan Nya, sama2 mendukung aja...

    BalasHapus
  55. Waduh, jadi bingung. api setau gw pas baca buku biografinya Beliau emang Nasrani.

    Btw thanks yah udah berkunjung ke blog keluargazulfadhli. Maap baru sempat mampir balik kesini :-)

    Oya, met puasa yah. Semoga puasnaya lancar dan mendapat banyak berkah. Amien

    BalasHapus
  56. hanya Allah yg Tahu...
    yg terpenting adalah Obama sanggup mengembalikan citra As sebagai negera adidaya pelopor perdamaian

    BalasHapus
  57. wish tak kira juga islam gan OBAMA
    tapi ?

    BalasHapus
  58. ikutan bingung ah :D

    katanya Amerika negara demokrasi...tapi mau bangun masjid aja kok sampe harus ada pembakaran Al Quran ya???
    trus pake ribut "agama pemimpin amerika" apa ya?? :D
    Aneh...bin Ajaib... Negara yang Aneh menurut saya :D

    BalasHapus